Jokowi Perintahkan Menristekdikti Batasi Jumlah Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri

Jokowi Perintahkan Menristekdikti Batasi Jumlah Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri
Presiden Joko Widodo. (okezone)
Rabu, 29 November 2017 20:45 WIB
JAKARTA - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menristekdikti M Nasir menginstruksilkan kepada perguruan tinggi negeri membatasi jumlah mahasiswa.

Perintah Jokowi tersebut merupakan respons terhadap keluhan yang disampaikan oleh Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Budi Djatmiko dalam penutupan Rembug Nasional APTISI di Universitas Esa Unggul, Jakarta, Rabu (29/11).

Budi mengatakan, seluruh perguruan tinggi negeri di tanah air menggunakan strategi pukat harimau dengan mengambil seluruh mahasiswa.

Penyebabnya, perguruan tinggi jadi melupakan bahwa sejatinya tujuan terpenting adalah mencetak mahasiswa yang berkualitas.

''Saya setuju tadi Pak Budi menyampaikan perguruan tinggi negeri memang harus dibatasi,'' kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menilai seharusnya saat ini perguruan tinggi dapat fokus merekrut mahasiswa yang memiliki konsentrasi di bidang tertentu sehingga tak mengambil seluruh mahasiswa.

Menurut Jokowi, hal ini telah diperintahkan ke Menristek Dikti M Nasir untuk segera direalisasikan. M Nasir, kata Jokowi, juga telah menyanggupi permintaannya tersebut.

''Tadi bisik-bisik ke Menristek Dikti. Langsung dibatasi. Dan langsung dijawab. 'Benar pak saya laksanakan'. Kita tunggu saja menterinya bergerak kapan,'' kata Jokowi. ***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww