Kawanan Monyet Migrasi ke Madinah, Heboh Bakal Terjadi Bencana, Ini Penjelasan Otoritas Geologi Arab Saudi

Kawanan Monyet Migrasi ke Madinah, Heboh Bakal Terjadi Bencana, Ini Penjelasan Otoritas Geologi Arab Saudi
Kawanan monyet menyeberangi jalan di Arab Saudi. (dream)
Selasa, 28 November 2017 12:06 WIB
MADINAH - Foto kawanan monyet bermigrasi dari Jeddah ke Madinah, Arab Saudi, beredar luas di media sosial.

Foto tersebut membuat heboh Warga Malaysia. Sebab, pada foto itu dituliskan penjelasan bahwa monyet-monyet tersebut bermigrasi karena gempa bumi dan bencana alam lain bakal melanda Arab Saudi.

''Ribuan monyet dari Jeddah berhijrah ke Madinah. Dipercayai akan berlaku (terjadi) bencana dan gempa bumi. Allah mengguncangkan kota Jeddah yang banyak kejadian haram berlaku. Di Jeddah yang dibanjiri. Ribuan tentara US di Jeddah ..konon akan mengawal Timur Tengah dari ancaman Suriah dan Iran.'' Demikian bunyi penjelasan pada foto tersebut.

''Subhanallah. Jeddah banjir dan ribut topan berlaku sekarang. Allahuakbar,'' tulis akun Facebook itu

Unggahan itu disertai beberapa video menunjukkan sekawanan monyet berjalan di tepi jalan raya. Untuk menguatkan berita bohong itu, disisipkan beberapa potongan ceramah seorang ustaz mengenai akhir zaman.

Beberapa orang yang percaya dengan kabar itu bahkan hampir membatalkan perjalanan umroh yang sudah disiapkan jauh-jauh hari. Para calon jamaah umrah khawatir terhadap bencana alam yang akan terjadi.

Jawaban Otoritas Geologi

Dikutip dari laman StepFeed, peristiwa monyet bermigrasi itu umum terjadi. Rute itu diduga digunakan monyet untuk bermigrasi disebabkan banyaknya jamaah di dua Kota Suci itu, Makkah dan Madinah.

Pusat Nasional untuk Gempa dan Gunung Berapi, Otoritas Geologi Arab Saudi, menyatakan pergerakan spesies ini tidak menunjukkan adanya bencana alam.

Sementara itu, seorang warga Malaysia yang tinggal di Arab Saudi, Masnira Ramli, mengaku mendapat begitu banyak pertanyaan tentang kabar bohong itu. Dia pun meminta seluruh rakyat Malaysia tidak mudah percaya pada berita bohong.

''Wahai Malaysia-ku. Bangsaku. Stop-lah percaya cerita-cerita bohong dan fitnah. Hentikan menyebar kabar yang tak jelas ceritanya,'' ucap Masnira.***

Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/