Wanita WNI dan 6 Anaknya Ditangkap di Filipina

Wanita WNI dan 6 Anaknya Ditangkap di Filipina
Kota Marawi. (liputan6.com)
Minggu, 05 November 2017 20:25 WIB
MANILA - Seorang wanita warga negara Indonesia (WNI) dan enam anaknya ditangkap aparat militer dan kepolisian Filipina.

Kepolisian Republik Indonesia menyebut wanita WNI itu ditangkap karena diduga memiliki kaitan dengan kelompok teroris Maute di Marawi.

Informasi tersebut diperoleh Polri dari Kepolisian Cagayan de Oro, Provinsi Misamis Oriental, Filipina selatan, pada 5 November 2017 sekitar pukul 09.30 waktu setempat.

''Tim gabungan Armed Forces of the Philippines (AFP) dan Kepolisian Nasional Filipina (PNP) telah melakukan penangkapan terhadap seorang WNI bernama Minhati Madrais beserta enam anaknya,'' papar Brigjen Pol. Rikwanto, Karopenmas Divisi Humas Polri melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Minggu (5/11/2017).

''Enam anaknya terdiri dari empat perempuan dan dua laki-laki. (Penangkapan di lakukan) di 8017 Steele Makers Village, Tubod Iligan City,'' lanjut pesan singkat dari Rikwanto.

Lewat pesan singkat, Rikwanto juga menjelaskan, Minhati Madrais adalah WNI asal Bekasi yang menjadi istri dari salah satu pimpinan Maute Group, Omar Khayam Maute yang sebelumnya telah tewas dalam operasi militer Filipina di Marawi.

Dalam penangkapan itu, papar Rikwanto, otoritas Filipina menyita beberapa barang bukti milik Minhati Madrais.

''Beberapa barang bukti yang disita adalah empat buah blasting cap (komponen detonator), dua buah kabel detonator, dan satu time fuse. Selain itu, Minhati juga membawa paspor yang telah habis masa berlakunya,'' tambah pesan singkat tersebut.

Saat ini, Minhati bersama anaknya berada di kantor polisi Iligan City untuk menjalani pemeriksaan, kata Rikwanto.

Minhati Madrais diketahui lahir di Bekasi, 9 Juni 1981. Menurut catatan imigrasi Filipina, perempuan itu tiba di Manila tahun 2015. Visa Minhati telah 30 hari diperpanjang dan telah habis masa berlakunya pada 30 Januari 2017.***

Editor:hasan b
Sumber:liputan6.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww