KTP Elektronik Anda Belum Juga Jadi, Laporkan ke Ditjen Dukcapil Melalui Nomor 1500537

KTP Elektronik Anda Belum Juga Jadi, Laporkan ke Ditjen Dukcapil Melalui Nomor 1500537
KTP elektronik
Selasa, 19 September 2017 18:37 WIB
JAKARTA - Bila Anda sudah lama melakukan perekaman data untuk pembuatan e-KTP (kartu tanda penduduk elektronik), namun e-KTP Anda belum juga jadi, maka Anda bisa melaporkannya ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh. Zudan mengakui, sampai saat ini masih banyak penduduk Indonesia yang belum memiliki e-KTP. Bagi yang warga yang sudah menunggu lama,

Menurutnya, Dinas Dukcapil memiliki call center yang siap menerima aduan masyarakat terkait e-KTP, namun sering lamban menjawab pengaduan masyarakat..

''Sebenarnya setiap daerah kita minta pasang call center, setiap Dinas Dukcapil ada selalu nomor handphone yang bisa dihubungi. Namun karena di daerah lama menjawab ketika ditanya, maka kita bikin sendiri di pusat di 1500537, bisa juga lewat WA atau Twitter Dagri, nanti dijawab langsung di situ statusnya apa,'' jelasnya di Kantor Kemendagri, Selasa (19/9).

Dirinya berharap masyarakat sabar jika telah melakukan pengaduan melalui call center namun tidak direspons karena banyak hambatan yang ditemui di lapangan.

''Kan sering teman-teman bertanya, saya di daerah dijawab belum selesai, kemungkinan dinas Dukcapil tak menguasai teknis sehingga tak bisa menjawab dan hanya jawab satu: belum selesai,'' terangnya.

Saat ini pihaknya sedang mempelajari keamanannya bila permintaan informasi lewat android itu memungkinkan atau tidak.

Namun di daerah tertentu seperti GunungKidul sudah melakukan sistem pemantauan atau pengaduan melalui sistem Android.

''Tetapi dia menggunakan server lokal. Saya sedang diskusi aman enggak kalau dengan server nasional, kalau server lokal kan mereka buat aplikasi sendiri-sendiri. Itu juga sudah bisa dicek di kota Bandung itu bisa diketahui tiap kecamatan siapa KTP yang dicetak,'' tutupnya.***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww