Kata Dalai Lama, Sang Buddha Akan Menolong Muslim Rohingya

Kata Dalai Lama, Sang Buddha Akan Menolong Muslim Rohingya
Dalai Lama. (merdeka.com)
Senin, 11 September 2017 16:23 WIB
TIBET - Pemimpin spritual Tibet, Dalai Lama, menyatakan turut prihatian dan sedih atas pembantaian terhadap warga Muslim Rohingya di Maynmar. Dalam Lama mengatakan, Sang Buddha pasti akan menolong Muslim Rohingya.

''Mereka harus ingat, Sang Buddha pasti akan membantu orang-orang Muslim yang malang dalam keadaan seperti itu. Saya merasa ini sangat menyedihkan,'' katanya di depan wartawan seperti dilansir dari laman CNN, Senin (11/9).

Selain menyatakan keprihatinan dan dukungannya, Dalai Lama juga menyerukan pemerintah Myanmar mengikuti ajaran Buddha agar menghentikan penderitaan warga Muslim Rohingya.

''Myanmar harus mengikuti teladan Sang Buddha dan memberi bantuan terhadap warga minoritas Rohingya yang dianiaya di negara tersebut,'' serunya.

Seperti diketahui, hampir 90 persen populasi di Myanmar adalah umat Buddha. Umat Muslim Rohingya menjadi orang-orang terpinggirkan karena kepercayaannya.

Bahkan orang-orang Rohingya tidak diberi hak kewarganegaraan Myanmar meski telah tinggal di sana selama beberapa generasi.

Imbasnya, hampir 300.000 orang telah meninggalkan negara tersebut dalam dua pekan terakhir. Mereka mengungsi ke Bangladesh untuk mendapat kehidupan yang baik.

Di mata dunia, warga Muslim Rohingya tengah mengalami pembersihan etnis secara besar-besaran. Meski demikian, pemerintah setempat membantah telah terjadi krisis kemanusiaan di negara tersebut. ***

Editor:hasan b
Sumber:merdeka.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/