Tontowi/Liliyana Kembali Rebut Gelar Juara Dunia

Tontowi/Liliyana Kembali Rebut Gelar Juara Dunia
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir mengembalikan bola saat bertanding melawan pebulutangkis dari China Lee Chun Hei Reginald dan Chau Hoi Wah dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017 di Glasgow, Skotlandia, 26 Agustus 2017. (tempo.co)
Senin, 28 Agustus 2017 08:15 WIB
GLASGOW - Pebulutangkis Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir kembali merebut gelar juara dunia di nomor ganda campuran, setelah berhasil mengalahkan pasangan China Zheng Siwei / Chen Qinchen pada Kejuaraan Dunia 2017 di Glasgow, Skotlandia.

Dikutip dari tempo.co, peringkat tiga dunia harus menjalani laga tiga set pada pertandingan yang berlangsung Senin dini hari 28 Agustus 2017.

Dalam pertarungan partai final tersebut permainan ketat tersaji sejak awal gim pembuka dengan perolehan poin ketat dan beberapa kali terjadi hasil imbang hingga 6-6.

Selepas itu, pasangan China langsung tancap gas dengan mengumpulkan tiga poin beruntun hingga skor 9-6, walau poin demi poin dikumpulkan Tontowi/Liliyana, Zheng/Chen mampu menutup jeda set pertama dengan memimpin 11-9.

Selepas jeda, Tontowi/Liliyana langsung bisa menyamakan kedudukan menjadi 11-11. Namun posisi itu tak bertahan lama karena pasangan Zheng / Chen mampu kembali meninggalkan poin pasangan Indonesia hingga lima poin 13-18. Set pertama pun gagal dipertahankan pasangan Owi dan Butet. Mereka menyera dengan skor 21-15.

Di set kedua, permainan ketat kembali disajikan kedua pasangan hingga kedudukan 7-7. Namun Owi dan Butet mampu unggul hingga turun minum dengan skor 11-8.

Pasangan peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro itu pun langsung tancap gas pasca istirahat. Mereka mampu menjaga jarak 5 angka hingga meraih kemenangan pada set kedua dengan skor 21-16.

Zeng dan Chen terlihat mengalami penurunan performa pada set pamungkas sehingga  Tontowi / Liliyana berhasil unggul jauh hingga 11-1 pada pertengahan set. Sempat bangkit sesaat, pasangan terbaik Cina itu pun akhirnya harus menyerah setelah smash keras Tontowi menyudahi perlawanan mereka dengan skor 21-15.

Dengan hasil ini Tontowi / Liliyana berhasil memberikan satu-satunya gelar Kejuaraan Dunia bulu tangkis 2017 bagi Indonesia sekaligus menjadi yang kedua bagi mereka setelah sebelumnya diraih di Guangzhou, China, pada 2013 lalu. Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Rian Saputro harus puas menjadi peringkat dua selepas ditundukan wakil China, Liu Cheng / Zhang Nan dalam pertarungan selama 37 menit yang berakhir dengan skor 10-21, 17-21.***

Editor:hasan b
Sumber:tempo.co
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww