Baiq Mariah, Jamaah Haji Tertua Asal Indonesia Jadi 'Selebriti' Setibanya di Jeddah

Baiq Mariah, Jamaah Haji Tertua Asal Indonesia Jadi Selebriti Setibanya di Jeddah
Baiq Mariah, jamaah haji tertua asal Indonesia. (dream)
Senin, 28 Agustus 2017 12:53 WIB
JEDDAH - Mariah Margani Muhammad atau akrab disapa Baiq Mariah pasti tak menyangka kedatangannya di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Minggu malam waktu Arab Saudi, bakal disambut bak selebriti.

Dikutip dari dream, jamaah haji tertua se-indonesia berusia 104 tahun asal Mambalan, Lombok Barat, NTB ini sudah ditunggu banyak orang, termasuk jurnalis Indonesia maupun Arab Saudi.

Bahkan, para awak media dari sejumlah televisi Arab Saudi sampai menerobos masuk dan berkerubung di ruang tunggu hingga mendekati garbarata. Saat duduk di ruang tunggu, Baiq Mariah diapit dua orang tetangganya.

Nenek itu terlihat gugup dan kebingungan menghadapi pertanyaan wartawan Arab. Alhasil, dia dibantu tetangga dan petugas haji menerjemahkan pertanyaan wartawan.

Menjawab pertanyaan jurnalis, Baiq Mariah menggunakan Bahasa Daerah. Tetangganya menerjemahkan jawaban Bay Mariah ke dalam Bahasa Indonesia, selanjutnya diterjemahkan ke Bahasa Arab oleh Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat.

Ditanya soal kesehatannya, Baiq Mariah dibantu Rahmi, 53 tahun, menjawab dia cukup sehat selama dalam perjalanan. Tetapi, dia mengaku tidak selera makan nasi saat berada di pesawat.

''Nenek Mariah di pesawat cukup senang dan menikmati perjalanan tapi tidak bersedia makan nasi. Dia hanya makan kue dan minum jus saja,'' kata Rahmi menerjemahkan ucapan Baiq Mariah, dikutip dari kemenag.go.id, Senin, 28 Agustus 2017.

Rahmi merupakan tetangga sekampung yang selalu menemani Baiq Mariah sejak di asrama haji. Karena sudah kenal, Rahmi merasa bertanggung jawab mengurusi segala kebutuhan Baiq Mariah mulai berangkat hingga kembali ke kampung halaman.

Menghadapi kerumunan wartawan membuat Baiq Mariah keheranan. Dia juga mengaku lelah setelah menjalani penerbangan cukup lama dan ingin segera pergi ke Mekah.

''Baiq Mariah bertanya kenapa ada banyak lampu kamera dan ditanya-tanya terus padahal dia sudah lelah dan ingin segera sampai di depan Kabah,'' kata Rahmi.

Setelah menunggu beberapa lama, Baiq Mariah akhirnya diberangkatkan ke Makkah. Selama di Makkah, nenek ini akan tingga di Hotel Barakat Burhan dengan kode hotel 308 yang berada di daerah Mahbas Jin. ***

loading...
Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww