Terpilih Novel Kriminal Terbaik, Ternyata Penulis Pembunuhnya

Terpilih Novel Kriminal Terbaik, Ternyata Penulis Pembunuhnya
dream.co.id
Senin, 21 Agustus 2017 07:43 WIB
Penulis kenamaan China, Liu Yongbiao, dilaporkan tidak terkejut ketika ditangkap polisi. Pria 53 tahun itu menulis sebuah novel yang menggambarkan kisah pembunuhan misterius secara rinci.

Novel berjudul The Guilty Secret mendapat penghargaan sebagai novel misteri terbaik pada 2010. Tetapi, si penulis kini sedang dalam jeratan hukum." Saya telah menunggu kalian di sini selama ini," ujar Liu kepada polisi ketika ditangkap di rumahnya di distrik Nanling, Provinsi Anhui, pada Jumat, 11 Agustus laluDua Pelaku

Liu ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan misterius terhadap empat orang tamu di sebuah penginapan pada November 1995. Penyidikan kasus pembunuhan tersebut berjalan lama, hingga akhirnya terbongkar usai polisi menguji DNA, seperti dilaporkan Thepaper

Usai penyidikan lebih lanjut, polisi yakin Liu bersama pengusaha 64 tahun, diidentifikasi bernama Wang, berada di balik misteri pembunuhan di sebuah penginapan di Huzhou, Zhejiang.

Korban diidentifikasi sebagai pasangan suami istri pemilik penginapan, cucu mereka yang berusia 13 tahun, dan seorang tamu. Semua terbunuh akibat pukulan benda tumpul di kepala.

Kepolisian Zhejiang menyatakan telah menangkap dua tersangka pembunuhan 22 tahun lalu itu di dua tempat berbeda, Anhui dan Shanghai. Para pelaku mengakui perbuatannya.

Jadi Misteri Selama 22 Tahun

Kasus tersebut menjadi misteri sekian lama dan baru terbongkar setelah polisi menggunakan metode uji DNA. Hasilnya baru keluar awal Agustus.

" Pelaku tidak memiliki hubungan apapun dengan korban, ini menjadi hal yang sangat sulit dipecahkan," ujar pejabat kepolisian yang memimpin penyidikan kasus ini, Xu Zhicheng.

" Kami mendapati sejumlah kesulitan, seperti menelusuri pohon anggur untuk menemukan melon," ucap Xi melanjutkan.

Polisi kembali membuka penyidikan usai hasil uji DNA keluar. Selama penyidikan, polisi memeriksa 60 ribu sidik jari dari orang-orang yang tinggal di 15 provinsi dan kota.

Wakil Direktur Biro Keamanan Publik Huzhou, Shen Lianjiang, mengatakan dua pelaku mengaku membutuhkan uang. Polisi pun yakin hal itu menjadi motif tersangka melakukan pembunuhan.Wang sendiri disebut bekerja sebagai bagian hukum sebuah perusahaan investasi. Sementara Liu dikenal sebagai penulis.

Kisah Nyata si Penulis

Karya Liu pertama kali dipublikasikan di sebuah majalan pada 1985. Sebuah film tentang kumpulan cerita pendek karyanya mendapat sambutan hangat pada 2005.Liu bergabung dengan Asosiasi Penulis China pada 2013, tiga tahun usai novelnya mendapat penghargaan. Novelnya lalu diadopsi menjadi serial televisi 50 episode.

Tapi The Guilty Secret, novel tentang penulis wanita yang lolos dari pembunuhan, terinspirasi dari kisah nyata Liu. Dia pun tidak menyesal telah ditangkap polisi.

" Selama 20 tahun, saya telah menunggu hari ini. Dan sekarang, ini menjadi akhir cerita. Akhirnya saya bisa terbebas dari tekanan batin yang selama ini saya alami," kata Liu dalam sebuah surat.

Editor:sisie
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77