AS Ternyata Kirim Kapal Induk Ketiga ke Semenanjung Korea

AS Ternyata Kirim Kapal Induk Ketiga ke Semenanjung Korea
Kapal induk USS Nimitz, kapal induk ketiga Amerika Serikat (AS) yang dikirim menuju semenanjung Korea. Foto/REUTERS
Senin, 29 Mei 2017 08:46 WIB
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) ternyata mengirim kapal induk ketiga ke semenanjung Korea setelah dua kapal induk lainnya sudah lebih dulu siaga di kawasan tersebut. Mengirim tiga kapal induk sekaligus di kawasan yang sama merupakan langkah tak biasa bagi militer Washington.

Kapal induk ketiga yang sedang bergerak ke semananjung Korea adalah kapal USS Nimitz. Kapal yang rencananya akan ditempatkan di Pasifik barat selama sekitar enam bulan ini ternyata digerakkan menuju kawasan semenanjung Korea.

USS Nimitz, salah satu kapal perang terbesar di dunia itu, akan bergabung dengan dua kapal induk AS lainnya, USS Carl Vinson dan USS Ronald Reagan, yang sudah berlayar di kawasan perairan Korea.

Pengiriman tiga kapal induk sekaligus oleh AS ini terjadi di tengah memanasnya ketegangan di semenanjung Korea, di mana rezim Korea Utara (Korut) yang dipimpin Kim Jong-un gencar menguji tembak rudal balistiknya. 

Angkatan Laut AS tidak secara eksplisit menyebut bahwa USS Nimitz ditujukan untuk operasi yang berkaitan dengan Korut. Namun, mereka mengatakan bahwa kapal induk raksasa itu akan dimobilisasi di Asia Pasifik dan Timur Tengah.

”Saya sangat bangga dengan seluruh tim Nimitz, koordinasi dan dukungan hebat di seluruh kelompok penyerang, terutama dalam siklus latihan yang kental. Awak melangkah dan saya yakin kami siap untuk bertemu. Apapun tantangan yang ada di depan, penerapan yang akan muncul,” kata Kapten Kevin Lenox, komandan kapal USS Nimitz, sebagaimana dikutip dari IB Times, Senin (29/5/2017).

Kapal USS Nimitz dalam pelayarannya diapit oleh kapal perusak bersenjata rudal yang dipandu dan kapal dengan rudal jelajah. 

Dua sumber terkait mengatakan kepada Voice of America bahwa penyebaran kapal induk ketiga ini ditujukan untuk menunjukkan kekuatan kepada Korut, setelah Pyongyang dengan cepat meningkatkan program persenjataannya dalam beberapa bulan terakhir.

Kapal USS Ronald Reagan dan kapal USS Carl Vinson yang sudah berada di kawasan semenanjung Korea merupakan kapal induk bertenaga nuklir yang membawa puluhan pesawat jet tempur. 

Kapal Ronald Reagan dengan panjang 1.092 kaki membawa lebih dari 4.500 awak dikirim ke wilayah tersebut pada pertengahan bulan Mei, sedangkan kapal Carl Vinson dikirim lebih dulu pada bulan April lalu. 

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77