Innalillahi, Adik Kandung Anies Baswedan Meninggal Dunia

Sabtu, 27 Mei 2017 13:30 WIB
JAKARTA - Ridwan Rasyid Baswedan yang merupakan adik kandung Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan meninggal dunia pada Sabtu (27/5), dini hari pukul 00.50 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. "Jenazah akan disemayamkan di Rumah Duka, di Jalan Gunuk Raya No 16A, Poltangan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan," kata tim media Anies Baswedan, Naufal Firman.

Naufal mengatakan, almarhum dirawat sejak 25 Februari 2017 karena serangan jantung dan komplikasi. Ridwan, yang mengatur kegiatan Anies sepanjang perjalanan kampanye wafat pada usia 44 tahun.

Almarhum akan dishalatkan di Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, usai dhuhur. Selanjutnya dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, pukul 12.30 WIB.

Ridwan juga dikenal sebagai salah satu aktivis gerakan Reformasi 1998. Saat mahasiswa, dia menjadi Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Almarhum menyelesaikan S1 bidang Ekonomi di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan mendapatkan gelar MBA dari Universitas Leiden, Belanda.

Ridwan Rasyid Baswedan, lahir pada 11 Juli 1973 di Yogayakarta, putra ketiga dari Alm. Drs A. Rasyid Baswedan dan Prof Dr Aliyah Alganis ini merupakan anak yang sangat aktif di lingkungannya. 

Saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas, ia menjabat sebagai Ketua OSIS SMA 2 Yogyakarta. Di kelas 2 SMA, ia pun terpilih menjadi siswa pertukaran pelajar SMA (AFS) ke Selandia Baru pada 1991-1992. 

Ridwan remaja melanjutkan pendidikannya ke Universitas Islam Indonesia Yogyakarta untuk bidang Ekonomi. Semasa kuliah, ia pernah menjadi Ketua Dewan Mahasiswa UII Yogyakarta 1996-1998. Ia merupakan bagian dari tokoh mahasiswa yang memperjuangkan Reformasi 1998. 

Selain aktif dengan berbagai kesibukan organisasi, adik kandung Anies Baswedan ini mampu mendapatkan gelar MBA dari Leiden University, Belanda. Setelah menikahi Saviena Baraba, almarhum memutuskan tinggal di Jakarta.

Semasa hidupnya, ia bekerja sebagai direktur di sebuah perusahaan teknologi serta mengatur kegiatan sepanjang perjalanan kampanye sang kakak. Anies telah menang dan tinggal menunggu pelantikan.

Kepergian Ridwan 27 Mei 2017 akibat serangan jantung yang dideritanya. Ia dibawa ke rumah sakit pada 25 Mei setelah merasa sakit saat dalam perjalanan menuju kegiatan sosialisasi mendampingi Anies yang merupakan Gubernur terpilih DKI Jakarta.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww