Kapal Induk AS yang Bakal ke Korea Muncul di Selat Sunda

Kapal Induk AS yang Bakal ke Korea Muncul di Selat Sunda
Kapal induk AS USS Carl Vinson yang sedang menuju Semenanjung Korea telah muncul di Selat Sunda, perairan antara Indonesia dan Malaysia. Foto / REUTERS
Rabu, 19 April 2017 12:12 WIB
JAKARTA - Kapal induk bertenaga nuklir USS Carl Vinson yang sedang dalam perjalanan menuju Semenanjung Korea telah muncul di Selat Sunda, jalur perairan Indonesia dan Malaysia. Foto kemunculan kapal induk AS di dekat perairan Indonesia itu telah dirilis Angkatan Laut Washington.

Kapal USS Carl Vinson dijadwalkan tiba di Semenanjung Korea pada 25 April mendatang. Pada tanggal itu pula, Korea Utara (Korut) berencana menguji tembak lagi rudal balistik.

Laporan kehadiran kapal pembawa jet-jet tempur AS itu muncul ketika Wakil Presiden Mike Pence melakukan kunjungan ke Jepang, yang merupakan bagian dari tur 10 hari di Asia. Dalam kunjungannya, Pence menegaskan komitmen AS untuk membebaskan Semenanjung Korea dari senjata nuklir.

”Kami tidak akan beristirahat dan tidak akan menyerah sampai kami memperoleh tujuan di mana Semenanjung Korea tanpa senjata nuklir,” katanya kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (19/4/2017).

Sementara itu, Abe mengatakan bahwa Jepang berharap untuk melakukan dialog damai dengan rezim Pyongyang yang dipimpin Kim Jong-un. 

Sehari sebelumnya, Pence melakukan perjalanan ke Zona Demiliterisasi (DMZ) wilayah pemisah kedua Korea. Dalam kunjungannya itu, dia mengatakan bahwa “era kesabaran strategis AS terhadap Korut sudah habis”. 

loading...
Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww