Kim Jong-un akan Uji Nuklir, AS Siapkan Aksi Militer ke Korea Utara

Kim Jong-un akan Uji Nuklir, AS Siapkan Aksi Militer ke Korea Utara
Bendera Korea Utara. [Foto: REUTERS/Denis Balibouse/File Photo]
Jum'at, 14 April 2017 15:35 WIB
PYONGYANG - Korea Utara disebutkan berencana menggelar uji coba nuklir pada Sabtu (15/4) besok. Tanggal 15 April merupakan hari lahir pendiri Korea Utara, Kim II-Sung.


"Pilihan militer telah dikaji," kata penasihat Kebijakan Luar Negeri Gedung Putih. 

Penasihat tersebut menyatakan AS siap untuk menghadapi ancaman keamanan yang ditimbulkan oleh ambisi nuklir Korea Utara. 

Korea Utara (Korut) dilaporkan sedang bersiap untuk menggelar uji coba nuklir terbaru. Aktivitas berkelanjutan terpantau di sekitar situs uji coba nuklir Punggye-ri, Korut.

"Mereka telah mengirim sedikit telegram, hal itu tidak mengherankan karena ulang tahun adalah pada hari Sabtu, secara tradisional, mereka akan menggelar parade besar dan mengeluarkan senjata-senjata mereka dan senjata-senjata tiruannya," tutur penasihat tersebut. 

"Sayangnya, itu bukan kejutan baru untuk kami, (Kim Jong Un) melanjutkan untuk mengembangkan program ini, dia melanjutkan untuk meluncurkan rudal ke Laut Jepang. Bagi rezim tersebut itu bukan soal 'jika', itu soal 'kapan'," tuturnya. 

Sebelumnya, dilaporkan kelompok pemantau Korut, 38 North, seperti dilansir AFP, Kamis (13/4), situs uji coba nuklir Korut kini dalam kondisi 'baik dan siap'.

"Citra satelit komersial pada Situs Uji Coba Nuklir Punggye-ri di Korea Utara sejak 12 April menunjukkan aktivitas berkelanjutan di sekitar Portal Utara, juga aktivitas baru di Area Administratif Utama dan sejumlah personel berada di sekitar Pusat Komando situs itu," demikian pernyataan 38 North yang merupakan situs analisis terkait Korut. 

Editor:Kamal Usandi
Sumber:detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww