Rudal Korut Melesat Sejauh 550 Km

Rudal Korut Melesat Sejauh 550 Km
eorang sumber militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan, rudal balistik yang ditembakan Korea Utara (Korut) melesat sejauh 550 kilometer. Foto/Reuters
Senin, 13 Februari 2017 10:53 WIB
SEOUL - Seorang sumber militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan, rudal balistik yang ditembakan Korea Utara (Korut) melesat sejauh 550 kilometer. Rudal itu diyakini adalah rudal balisitk Rodong kelas menengah atau sebuah jenis baru. 

Rudal balistik andalan Korut selama ini adalah rudal Musudan, sebuah rudal jarak menengah yang bisa melesat hingga 3.000 km. 

"Rudal balistik yang diluncurkan oleh Korut mencapai ketinggian sekitar 550 kilometer dan tampaknya adalah Rodong kelas menengah atau jenis baru lain. Rudal itu jatuh di laut timur dari semenanjung Korea," kata sumber itu yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Reuters pada Minggu (12/2).

Sebelumnya diwartakan, Menurut Staf Gabungan Militer Korea Selatan, rudal balistik Korut ditembakkan dari  Banghyeon di Pyongan Utara. ”Militer belum bisa menentukan apakah rudal itu adalah (rudal) Musudan, sebuah rudal balistik jarak menengah, (atau bukan),” kata seorang sumber militer Korea Selatan kepada Yonhap.

Uji tembak rudal balistik rezim Kim Jong-un ini terjadi setelah diktator muda Pyongyang tersebut membuat pengumuman pada Tahun Baru lalu bahwa uji tembak rudal balistik segera dilakukan.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan, peluncuran rudal Korut adalah tindakan yang jelas provokasi ke Jepang dan daerah. Peluncuran rudal itu bertepatan dengan pertemuan puncak antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. 

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sidomi.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww