Takuti Kim Jong-un, AS Akan Kirim Kapal Perang Terbesar USS Zumwalt

Takuti Kim Jong-un, AS Akan Kirim Kapal Perang Terbesar USS Zumwalt
Amerika Serikat berencana mengirim kapal perang terbesar dan tercanggih USS Zumwalt ke Korea Selatan untuk menakuti pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto / CBC
Selasa, 07 Februari 2017 15:12 WIB
SEOUL - Komando Pasifik Militer Amerika Serikat (AS) berencana mengirim kapal perang terbesar dan tercanggihnya, USS Zumwalt, ke perairan Korea Selatan. Tujuannya untuk menakuti pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un yang berulang kali mengancam akan menyerang AS dan Korea Selatan dengan senjata nuklir.

Kapal USS Zumwalt tercatat sebagai kapal perang dengan biaya pembangunan termahal yakni mencapai USD4,5 miliar. Kapal dengan panjang 610 kaki ini dipersenjatai dengan 600 roket yang dapat menghantam target yang jauhnya lebih dari 70 mil.

Kapal perang raksasa AS ini juga diklaim sebagai kapal perang futuristik karena menggunakan sistem elektromagnet untuk menembakkan senjata pada kecepatan hingga 5300mph.

Rencana pengiriman kapal perang USS Zumwalt ke lepas pantai Korea Selatan itu disampaikan pejabat Komando Pasifik AS Laksamana Harry B Harris Jr saat pertemuan dengan para pejabat militer Korea Selatan di Hawaii.

Harris menyatakan, kapal perang raksasa itu bisa dikirim ke Korea Selatan untuk menghalangi agresi dari rezim Korut.

Militer Korea Selatan menyambut baik rencana militer AS itu. Menurut militer Korea Selatan, pengiriman kapal perang USS Zumwalt menjadi salah satu opsi terbaik untuk melawan ancaman serangan nuklir dari rezim Kim Jong-un.

”Jika AS secara resmi membuat saran seperti itu, kami akan memberikan pertimbangan serius,” kata juru bicara pertahanan Korea Selatan, Moon Sang-Gyun, seperti dikutip Daily Star, Senin (6/2/2017).

Nama kapal yang diklaim sulit terdekteksi radar ini diambil dari tokoh legendaris Angkatan Laut AS, Zumwalt, yang aktif selama konflik Korea dan Vietnam. 

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww