Giliran Iran Jatuhkan Sanksi kepada AS

Giliran Iran Jatuhkan Sanksi kepada AS
Ketegangan antara Iran dan AS berlanjut setelah Teheran menjatuhkan pembatasan hukum kepada warga dan lembaga asal AS. Foto/Ilustrasi/Istimewa
Sabtu, 04 Februari 2017 15:48 WIB
TEHERAN - Iran mengecam sanksi baru yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat (AS). Teheran pun mengatakan akan bereaksi sesuai untuk setiap tindakan AS yang ditujukan untuk kepentingan bangsa Iran.

"Sanksi baru AS tidak kompatibel dengan komitmen dan resolusi 2231 Dewan Keamanan PBB yang mengesahkan kesepakatan nuklir yang dicapai antara Iran dan enam kekuatan AS," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Iran yang dikutip Reuters dari stasiun televisi Iran, Sabtu (4/2/2017).

Sebagai balasan, Iran memberlakukan pembatasan hukum kepada individu dan lembaga AS yang membantu "kelompok teroris."

"Sebagai balasan atas sanksi AS, Iran akan memberlakukan pembatasan hukum kepada beberapa individu dan lembaga Amerika yang terlibat dalam membantu dan mendirikan kelompok teroris regional," demikian pernyataan Kemlu Iran sembari menambahkan nama lembaga dan individu akan diumumkan kemudian.

Sebelumnya pemerintah AS lewat Departemen Keuangan mengumumkan penjatuhan sanksi kepada sejumlah individu dan lembaga Iran. Sanksi tersebut dijatuhkan karena Iran dianggap telah melanggar perjanjian nuklir dan resolusi Dewan Keamanan PBB karena melakukan uji coba rudal balistik. 

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww