Akhirnya, Oppo Kalahkan iPhone di Cina

Akhirnya, Oppo Kalahkan iPhone di Cina
Pada sisi ini, iPhone 6S (atas) dan iPhone 7 (bawah) memiliki tombol yang sama dan berada di posisi yang sama. [Ars Technica]
Selasa, 31 Januari 2017 14:40 WIB
Sudah sejak 2012 lalu iPhone buatan Apple menjadi ponsel dengan penjualan tertinggi di Cina. Namun sekarang, berdasarkan data dari Counterpoint Research, kondisi tersebut berubah.

Laporan tersebut mengungkap bahwa penjualan iPhone di Cina sepanjang tahun 2016 telah menurun. Sementara itu yang naik drastis justru penjualan ponsel Oppo R9.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari CNBC, Selasa (31/1/2017), jumlah penjualan iPhone 6s di China hanyalah 12 juta unit atau sekitar 2 persen dari total ponsel yang dijual di Negeri Tirai Bambu itu.

Sedangkan Oppo R9 dibeli lebih banyak orang. Total penjualannya mencapai 17 juta unit atau setara 4 persen dari total penjualan.

“Penjualan Apple, terutama iPhone 6s, semakin lambat pada tahun lalu. Namun situasi tersebut membaik karena permintaan iPhone 7 di kuartal empat 2016 justru makin banyak,” demikian tertulis dalam penelitan tersebut.

“Walau demikian, Apple masih berada di posisi rawan dan para pengguna sudah sangat menantikan kehadiran iPhone generasi terbaru,” pungkasnya.

Counterpoint Research juga mencatat bahwa dibandingkan dengan Oppo, total pengapalan ponsel Apple ke China tergolong kecil. Pada 2016 lalu, pengapalan ponsel Oppo ke China terlihat naik 109 persen secara year on year

Begitu pula dengan sejumlah vendor lain, seperti Vivo yang naik 78 persen dan Huawei naik 21 persen.

Sementara itu pada kurun waktu yang sama, Apple justru melaporkan adanya penurunan total pengapalan ponsel ke china. Persentase penurunan tersebut mencapai 22 persen.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:kompas.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77