Akhir Januari, Aung San Suu Kyi Direncanakan ke Indonesia

Akhir Januari, Aung San Suu Kyi Direncanakan ke Indonesia
Aung San Suu Kyi
Kamis, 05 Januari 2017 12:08 WIB

JAKARTA - Duta Besar Myanmar untuk Indonesia, Aung Htoo mengatakan, Aung San Suu Kyi direncanakan mengunjungi Indonesia pada akhir Januari 2017.

"Kami berharap, kunjungan Aung San Suu Kyi bisa terlaksana akhir bulan ini. Tetapi, semuanya harus dipastikan terlebih dahulu," kata Dubes Aung di Jakarta, Rabu malam, 4 Januari 2017.

Ia juga menjelaskan, kunjungan Suu Kyi, merupakan kunjungan kenegaraan seperti pada umumnya para pemimpin dunia lakukan.

Kunjungan ini menjadi suatu bentuk pengenalan Myanmar ke Indonesia, yang diharapkan dapat menarik investor dari Indonesia, agar mau berinvestasi di Myanmar.

"Ini juga menjadi kunjungan balasan dan tanda terima kasih Myanmar atas dukungan Indonesia selama ini," ujar Dubes Aung.

Seperti diketahui, pertemuan antara Suu Kyi dengan para Duta Besar ASEAN pada 19 Desember 2016, menghasilkan sebuah rumusan matang. Yakni, sepakat saling membantu untuk menuntaskan kasus etnis Muslim Rohingya di Rakhine.

Sebelumnya, Duta Besar Indonesia untuk ASEAN, Rachmat Pramono mengatakan, pertemuan ini merupakan tanda dan bukti bahwa Myanmar sudah mampu membuka diri terhadap masalah krisis kemanusiaan.

Indonesia yang menganut paham noninterference (menolak intervensi kepentingan negara lain) siap membantu kapan pun, dengan catatan, bantuan tersebut diminta langsung oleh pemerintah Myanmar. 

Editor:Kamal Usandi
Sumber:viva.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww