Tornado Terjang Amerika Bagian Selatan, 4 Orang Tewas

Tornado Terjang Amerika Bagian Selatan, 4 Orang Tewas
Ilustrasi (worldbulletin.net)
Selasa, 03 Januari 2017 16:50 WIB
MONTGOMERY - Tornado dahsyat melanda wilayah Amerika Serikat (AS) bagian selatan. Sedikitnya empat orang di negara bagian Alabama tewas setelah rumahnya ditimpa pohon tumbang saat tornado menerjang. 

Dituturkan Gubernur Alabama, Robert Bentley, seperti dilansir Reuters, Selasa (3/1/2017), bahwa empat orang tewas di dalam sebuah gedung di area Rehobeth, Alabama bagian tenggara. Tornado ini diwarnai badai yang membawa hujan deras dan angin kencang.

Juru bicara Badan Penanggulangan Urusan Darurat Houston County, Kris Ware, menyebut keempat korban berada di dalam sebuah rumah mobil saat tornado menerjang. Rumah mobil itu tertimpa pohon tumbang dan terkena kabel listrik yang terputus akibat terjangan tornado. 

Tidak dijelaskan lebih lanjut identitas para korban tewas. Namun otoritas setempat menyebut ada tiga orang lainnya yang terjebak di dalam rumah mobil saat tornado menerjang. Ketiganya yang mengalami luka-luka diharapkan bisa selamat, namun evakuasi belum bisa dilakukan. 

"Berdoa untuk mereka yang terkena dampaknya hari ini," ucap Gubernur Bentley via Twitter.

Angin kencang dilaporkan memutuskan aliran listrik di sejumlah negara bagian AS yang ada di sepanjang Teluk Meksiko pada Senin (2/1) waktu setempat, termasuk Texas dan Louisiana. Otoritas setempat menyebut puluhan ribu orang tidak mendapat aliran listrik saat tornado menerjang.

Selain Alabama, tornado juga dilaporkan menerjang negara bagian Mississippi yang bertetangga dengan Alabama. Badan Prakiraan Cuaca Nasional AS (NWS) memperkirakan ada enam tornado yang menerjang Alabama dan Mississippi pada Senin (2/1) waktu setempat.

Sementara itu, hujan deras yang dibawa oleh badai ini memicu banjir lokal di beberapa wilayah AS bagian selatan. Hujan es melanda beberapa negara bagian termasuk Alabama dan Arkansas. Cuaca buruk ini diperkirakan akan membaik pada Selasa (3/1) waktu setempat. 

Badai dan tornado ini memicu peringatan penerbangan terbatas di AS. Di Bandara Internasional Houston Bush, Texas, yang merupakan salah satu bandara tersibuk di AS, nyaris 40 penerbangan dibatalkan akibat tornado ini.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww