Baca Alquran Satu Jam, Gratis Oli atau Service Motor di Bengkel Ini!

Baca Alquran Satu Jam, Gratis Oli atau Service Motor di Bengkel Ini!
Pak Haji Hasanuddin. (foto: salviah ika padmasari/merdeka.com)
Rabu, 21 Desember 2016 22:05 WIB
MAKASSAR - Haji Hasanuddin (45), pemilik usaha bengkel Remaja Motor di Jalan Hertasning, Makassar, yang akrab disapa Pak Haji berharap dapat menuai amal di tengah usaha bengkel motor yang dirintisnya sejak tahun 2004 lalu dengan cara menggratiskan biaya ganti pelumas dan biaya service. Syaratnya, membaca Alquran selama kendaraan pelanggan dikerjakan oleh karyawan.

Pak Haji yang ditemui di bengkelnya itu mengaku ide tersebut muncul pada bulan Ramadan lalu, Juli 2016 karena realita di tengah masyarakat, budaya mengaji saat ini mulai menurun. Syarat mengaji untuk dapatkan pelayanan gratis ini adalah salah satu upaya untuk memotivasi agar masyarakat kembali punya gairah untuk memperbanyak amal melalui baca alquran.

Meski sudah ada spanduk dengan tulisan ala kadarnya yang digantung di bengkel tersebut berbunyi tawaran gratis tersebut, tapi tidak semua pelanggan yang datang mengetahui sehingga dia yang aktif menawarkan. Kalau pun dia tidak sedang di bengkel, tiga karyawannya yang menawarkan atau istri dan anak-anak.

Adapun bunyi spanduk itu, "Selamat dunia akhirat, syaratnya jalankan perintah-Nya, tinggalkan larangan-Nya. Mau gratis ganti oli atau biaya service, syaratnya baca Alquran satu jam. Berapa gajimu sampai tinggalkan salat."

"Kalau ada pelanggan yang datang untuk service motor, saya tawarkan mau pilih gratis ganti oli atau gratis biaya service yang rata-rata ongkosnya Rp 35 ribu. Syaratnya baca Alquran selama kendaraannya dikerjakan. Kami siapkan kitab Alquran tapi ada juga yang sudah punya Alquran digital di ponselnya," kata bapak enam anak, suami dari Rahmatia ini.

Saat menawarkan gratis dengan syarat baca Alquran, kata Pak Haji, tidak semua orang langsung menyambut baik. Tapi bisa dimaklumi karena mereka tentu punya alasan sendiri. Bisa saja karena di antaranya itu ada yang belum tahu baca Alquran sehingga mereka beri alasan lain kali saja.

"Saya hanya menawarkan, kita tidak memaksa. Sebaik-baiknya orang Islam itu adalah yang baca Alquran dan mengajarkannya," tutur Pak Haji.

Selain gratis ganti pelumas atau gratis ongkos service motor, juga disiapkan makanan-makanan ringan dan minuman. Kata Pak Haji, dirinya tetap memikirkan untung dalam usahanya, tapi kali ini sengaja digratiskan sebagai bagian dari sedekah dengan ikhlas.

Asram (36), salah seorang pelanggan yang motornya sedang diservice terlihat membaca Alquran melalui ponselnya. Dia mengaku, awal tiba di bengkel Remaja Motor tadi pukul 09.30 WITA, Rabu, (21/12) langsung ditawarkan gratis oleh Pak Haji dengan syarat baca Alquran.

"Saya langsung merespon karena ini hal yang bagus. Saya ditawarkan kitab Alquran tapi saya memilih membaca Alquran di ponsel karena memang sudah lama saya unduh di ponsel," tutur Asram seraya menambahkan, model pelayanan dari Pak Haji ini cukup baik untuk kembali menumbuhkan budaya mengaji.(mdk)

Editor:wawan k
Sumber:merdeka.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww