Truk Lori Terjang Pasar Malam, 12 Orang Tewas, Puluhan Luka-luka

Truk Lori Terjang Pasar Malam, 12 Orang Tewas, Puluhan Luka-luka
Truk besar yang menabrak pasar di Berlin.
Selasa, 20 Desember 2016 12:33 WIB

BERLIN - Sebuah truk besar menerjang kerumunan pasar yang menjual ornamen Natal di Berlin, Jerman. Terlihat truk lori besar berada di tengah-tengah pasar usai kejadian.

Dilansir dari Reuters, Selasa (20/12/2016), informasi dari polisi menyatakan truk awalnya menerjang pasar yang berada di dekat kaki Gereja Memorial Kaiser Wilhelm. Setidaknya 12 orang dinyatakan tewas akibat peristiwa yang terjadi pada Senin (19/12) malam waktu setempat.

"Saya mendengar suara keras dan kemudian saya bergerak ke arah Pasar Natal dan melihat banyak kekacauan. Banyak orang terluka. Itu benar-benar traumatis," ujar Wakil Pimpred Berliner Morgenpost kepada CNN seperti dikutip Reuters.

Dari foto milik Reuters, terlihat bagian depan truk berwarna hitam berada di sisi jalan raya. Sementara lori atau badan truk berada di bagian pasar di atas trotoar.

Saat ini mobil polisi, mobil pemadam kebakaran dan ambulans sudah berkumpul di sekitar lokasi kejadian. Operasi keamanan besar dilakukan. Sopir truk dikabarkan melarikan diri.

Garis polisi telah dipasang dan petugas kepolisian setempat sudah mengamankan lokasi. Tampak terlihat pohon-pohon Natal besar di pasar yang banyak didatangi turis tersebut.

Sebagian toko di Pasar Natal ini terkena terjangan truk lori. Berbagai ornamen Natal berhamburan.

Seorang turis, Emma Rushton mengatakan kepada CNN, laju truk diperkirakan sekitar 65 km/jam sebelum menerjang pasar. Ia mengatakan melihat setidaknya ada banyak orang terluka sebelum kembali ke hotel tempatnya menginap.

Total Korban Tewas Mencapai 12 Orang

Sopir truk lori yang menabrak Pasar Natal di Berlin, Jerman, dilaporkan telah ditangkap. Korban tewas akibat kejadian itu kini telah mencapai 12 orang.

Dilansir CNN.com, Selasa (20/12/2016), polisi setempat menyebut 12 orang dilaporkan tewas, sedangkan 48 orang lainnya mengalami luka-luka. Saksi mata mengatakan para pedagang berteriak dan menjatuhkan barang-barang dagangannya ketika truk itu merangsek masuk ke pasar.

Ototoritas setempat saat ini tengah menginvestigasi serangan itu. Mereka menyebut serangan itu sebagai aksi terorisme, berdasarkan otoritas intelijen Jerman.

Sebelumnya dilaporkan juga bahwa sopir truk itu telah ditangkap. Seorang lainnya yang juga berada di dalam truk itu dilaporkan tewas di tempat.

Peristiwa itu terjadi di Breitscheidplatz di sebelah barat dari pusat kota Berlin. Juru bicara polisi setempat, Kerstin Ziesmer mengatakan truk itu berpelat nomor polisi Polandia.(dtc)

Editor:wawan k
Sumber:detikcom
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww