Ahok Bohong, Sebut Jenderal M Jusuf Saudara Kandung Ayah Angkatnya

Ahok Bohong, Sebut Jenderal M Jusuf Saudara Kandung Ayah Angkatnya
Ahok saat duduk di kursi terdakwa.
Kamis, 15 Desember 2016 22:03 WIB
JAKARTA - Penyataan-pernyataan yang disampaikan terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat sidang perdananya yang berlangsung Selasa (13/15) lalu mengundang reaksi berbagai pihak.

Salah satunya yang ramai dibicarakan adalah saat Ahok dengan terbata-bata menyampaikan jika dia memililiki saudara angkat dan ayah angkat dari keluarga Muslim bernama Andi Baso Amir.

Dalam pembelaannya, Ahok sambil menangis menyebutkan bagaimana mungkin dia menista agama orang tua dan saudara-saudara angkatnya yang sangat ia sayangi. Ahok pun menyebutkan jika Andi Baso Amir adalah mantan Bupati Bone dan adik kandung Jenderal Purnawirawan M Jusuf.

Menanggapi hal itu, salah seorang deklarator Komite Perjuangan Penegakan Syariat Islam (KPPSI) Sulawesi Selatan, Azwar Hasan menilai Ahok telah melakukan pembohongan.

"Ahok berbohong mengatakan bahwa Andi Baso Amir saudara kandung Jenderal M Jusuf," kata Azwar seperti dilansir republika.co.id, Kamis (15/12).

Menurutnya, Ahok telah melakukan kesalahan berikutnya dengan menyeret tokoh masyarakat Bugis yang menjadi panutan bagi warga Sulsel khususnya.

Salah satu keponakan Jenderal Purnawiran M Jusuf, Andi Herry Iskandar, mengklarifikasi bahwa Andi Baso Amir memang bukan adik kandung Jenderal M Jusuf.

Mantan Wakil Wali Kota Makassar ini menjelaskan, ayah Jenderal M Jusuf adalah H Andi Tappu, arung atau Raja Kajuara, Bone.

Andi Tappu memiliki beberapa orang istri, salah satunya adalah Andi Baba Petta Bunga. Dari pernikahannya ini lahirlah empat orang anak yakni Jenderal Purn AM Jusuf (meninggal 2004), Petta Cipaung (meninggal sejak lama), Andi Ishak (meninggal 1984) dan Andi Iskandar (meninggal 1989) yang merupakan ayah Andi Herry.

Lalu Andi Tappu juga pernah menikah dengan Petta Sonna dan mempunyai seorang anak bernama: HA Baso Amir. Baso Amir inilah yang menjadi ayah angkat Ahok.

Karena lontaran pengakuan Ahok di persidangan itu pula, Herry selaku wakil keluarga besar Jendral M Jusuf di Makassar mengaku banyak dihubungi orang dan mempertanyakan hal itu.

Mereka menyampaikan protes atas ucapan Ahok yang menyebuyt-nyebut nama Jenderal M Jusuf di persidangan itu.

"Saya capek dan mulai terganggu dengan pertanyaan orang-orang mengenai hal itu," kata Andi Herry, Kamis (15/12).(rol)

Editor:wawan k
Sumber:republika.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/