Gempa 6,5 SR di Lepas Pantai California AS, Tak Ada Ancaman Tsunami

Gempa 6,5 SR di Lepas Pantai California AS, Tak Ada Ancaman Tsunami
Lokasi gempa di lepas pantai California Utara. FOTO/Channel News Asia
Jum'at, 09 Desember 2016 12:00 WIB
SAN FRANCISCO - Gempa berkekuatan 6,5 (skala Richter) SR melanda lepas pantai California Utara, Amerika Serikat (AS), Kamis (8/12). Meski demikian, menurut Badan Survei Geologi AS, tak ada ancaman tsunami yang muncul akibat gempa ini.

“Ada kemungkinan kecil muncul korban dan kerusakan dari gempa yang melanda patahan Mendocino,” jelas pernyataan Badan Survei Geologi AS, seperti dikutip dari Channel News Asia. Pernyataan senada dikeluarkan Pusat Peringatan Tsunami Pasific, yang menyebut tak ada ancaman tsunami akibat gempa ini.

“Episentrum gempa terletak 157 kilometer sebelah barat dari Ferndale, California, di kedalaman 10 kilometer. Secara keseluruhan, populasi di wilayah ini berada dalam struktur yang sangat tahan terhadap goncangan gempa, meskipun tetap ada beberapa struktur yang rentan,” lanjut pernyataan Badan Survei Geologi AS.

Goyangan gempa dirasakan sejumlah warga yang tinggal di pesisir. "Saat awal gempa, saya bisa merasakannya. Saya sempat melompat keluar dari tempat tidur dan berjongkok,” kata Pam Cahill, seorang pensiunan guru yang tinggal tiga mil sebelah utara dari Eureka.

Gempa susulan berkekuatan 4,9 SR mengguncang daerah sekitar pada 90 menit setelah gempa utama. Meski gempa kali ini tak menimbulkan kerusakan, namun para ahli memprediksi kalau wilayah California memiliki ancaman gempa besar dalam beberapa puluh tahun ke depan. 

Editor:kam
Sumber:sindonews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww