Diberi Makan dan Uang Capek, Peserta Aksi 412 Mengaku Hanya Ikut-ikutan

Diberi Makan dan Uang Capek, Peserta Aksi 412 Mengaku Hanya Ikut-ikutan
Bendera partai politik berkibar pada Aksi 412, bundaran HI, Minggu (4/12). (republika)
Minggu, 04 Desember 2016 15:18 WIB
JAKARTA - Para peserta Aksi 412 atau Parade Kebhinnekaan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (4/12), mengaku hanya ikut-ikutan saja karena diberi makan dan uang capek.

Salah seorang peserta Aksi 412 asal Bandung, Aep Saifulah (42 tahun), mengaku diberi uang capek Rp100 ribu.

"Iya dikasi nasi sama uang cepek (Rp 100 ribu) sama panitia," katanya saat ditemui di parade budaya di Bundaran HI, Minggu (4/12).

Aep bersama 40 orang lainnya asal Bandung berangkat menggunakan bus dan akan kembali ke Bandung siang ini. Ketika ditanya apa harapannya untuk aksi parade budaya, Aep terlihat bingung. "Apa ya, ikut-ikutan saja, partisipasi saja. Harapannya ya nggak ada," ujarnya polos.

Sedangkan Rahmad (41 tahun), asal Lampung Tengah mengatakan, ia datang ke Jakarta dari kampung halamannya menggunakan bus bersama ribuan massa lainnya.

"Semuanya Garda Pemuda Nasdem. Kami disuruh ikut ini, saya juga ikut-ikutan saja karena semua teman saya ikut," ujar Rahmad saat ditemui di Bunderan HI, Minggu (4/12).

Rahmad mengaku disuruh salah satu petinggi partai untuk datang ke Jakarta pada Sabtu (3/12), kemarin. Setelah sampai di lokasi acara, Rahmad pun hanya disuruh untuk hadir saja meramaikan acara.

"Jadi ke sini datang saja, diberi pakaian Garda ini sambil bawa bendera-bendera. Sudah, tapi saya lihat ini juga tak berbau-bau SARA kok, hanya tentang kebhinekaan saja," ucap pria yang berseragam Garda Pemuda Nasdem tersebut.

Menurut dia, setelah acara selesai ia berencana untuk pulang ke Lampung langsung bersama teman-temannya. Ia mengaku rela datang ke Jakarta untuk ikut acara tersebut lantaran merasa terjamin segala kebutuhannya.

"Waktu diajak saya mau ikut-ikut saja, apalagi dikasih uang lelah Rp200 ribu untuk jajan, makan juga dikasih," kata Rahmad.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww