Indonesia Lumpuhkan Vietnam 2-1

Indonesia Lumpuhkan Vietnam 2-1
Timnas Indonesia. (int)
Sabtu, 03 Desember 2016 21:57 WIB
JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil melumpuhkan Vietnam 2-1 pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/12/2016). Gol yang dilesakkan Boaz Solossa melalui titik penalti menjadi penentu kemenangan Indonesia. Kemenangan ini tentu menjadi modal berharga bagi Indonesia untuk menghadapi laga di leg kedua di Stadion My Dinh, Vietnam pada Rabu, 7 Desember nanti.

Bermain di hadapan puluhan ribu suporter serta disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo, pasukan Merah Putih bermain penuh semangat. Hanya perlu tujuh menit bagi tim besutan Alfred Riedl ini untuk membobol gawang Vietnam.

Berawal dari umpan tendangan bebas Rizky Pora, Hansamu Yama mampu menyundulnya. Mantan bek Timnas U-19 tersebut dengan cepat menyerobot bola yang berada di mulut gawang, tanpa bisa dihalau satu bek lawan dan kiper.

Ini merupakan gol sundulan keempat timnas Indonesia selama Piala AFF 2016. Tiga lainnya dihasilkan saat fase penyisihan Grup A yang berlangsung di Filipina.

Namun keunggulan Indonesia hanya bertahan 10 menit karena pada menit ke-17, Vietnam bisa membalasnya. Beny Wahyudi dinilai melakukan pelanggaran dengan mendorong pemain lawan saat akan menghalau umpan silang di mulut gawang. Wasit pun mengganjar Beny kartu kuning serta hukuman tendangan penalti.

Nguyen Van Quyet yang menjadi algoju dengan mantap menjalankan tugasnya. Tendangan kaki kanan pemain bernomor punggung 10 tersebut salah diantisipasi kiper Kurnia Meiga, yang bergerak ke kiri. Skor 1-1 ini bertahan hingga turun minum.

Pada awal paruh kedua, Indonesia bermain lebih agresif. Alhasil, tercipta gol kedua pada menit ke-50, setelah wasit memberikan hukuman penalti, menyusul pelanggaran bek kanan Vietnam kepada Stefano Lilipaly. Lilipaly dengan cepat menggiring bola ke dalam kotak setelah memenangi duel di sisi kanan pertahanan Vietnam, sehingga harus dijatuhkan.

Boaz yang menjadi eksekutor dengan sempurna menjalankan tugasnya. Tendangan kaki kiri pemain Persipura Jayapura ini meluncur deras ke sisi kanan gawang Vietnam. Kiper Tran Nguyen Manh sebenarnya sudah benar membaca arah bola, bahkan berhasil menyentuh si kulit bulat. Tetapi kerasnya tendangan Boaz membuat usaha kiper Vietnam tak berbuah maksimal.

Setelah unggul 2-1, permainan Indonesia agak menurun. Sebaliknya, Vietnam lebih menguasai pertandingan sehingga mereka berhasil memperoleh sejumlah peluang emas, termasuk tendangan voli yang dilepaskan pemain lawan menjelang akhir laga.

Beruntung, Kurnia Meiga sangat sigap. Penjaga gawang Arema Cronus ini melakukan lompatan untuk menghalau bola yang meluncur ke pojok kiri atas gawangnya. Skor 2-1 pun tak berubah hingga akhir laga.

Susunan pemain:  

Indonesia (4-4-2): 1-Kurnia Meiga; 2-Beny Wahyudi, 23-Hansamu Yama, 25-Manahati Lestusen, 3-Abduh Lestaluhu; 19-Bayu Pradana, 8-Stefano Lilipaly; 21-Andik Vermansah (Zulham Zamrun 90'), 14-Rizky Pora; 7-Boaz Solossa (Evan Dimas 61'), 9-Ferdinan Sinaga (Lerby Elandry 63')

Pelatih: Alfred Riedl

Vietnam (4-3-3): 1-Tran Nguyen Manh;13-Tranh Dinh Dong, 15-Que Ngoc Hai, 17-Vu Van Thanh, 25-Bui Tien Dung; 6-Nguyen Trong Hoang, 11-Pham Thanh Luong, 14-Luong Xuon Truong; 9-Le Cong Vinh, 10-Nguyen Van Quyet (Nguyen Chong Puong 88'), 12-Le Van Thang

Pelatih: Nguyen Huu Tang.***

loading...
Editor:hasan b
Sumber:kompas.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww