Pesan Wapres Jusuf Kalla ke Antasari Azhar: Kebenaran Harus Diungkap!

Pesan Wapres Jusuf Kalla ke Antasari Azhar: Kebenaran Harus Diungkap!
Wakil Presiden Jusuf Kalla
Minggu, 27 November 2016 07:35 WIB
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri syukuran dan doa bersama atas bebas bersyaratnya mantan Ketua KPK Antasari Azhar. JK berpesan agar kebenaran perkara yang membelit Antasari harus diungkap.

"Jadi bukan apa-apa. Menurut saya kebenaran harus diungkap, supaya jangan terjadi lagi. Itu saja," kata JK di hadapan wartawan di lokasi syukuran, Hotel Grand Zuri, BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (26/11/2016).

Sebagaimana diketahui, Antasari dihukum kurungan karena kasus di masa lalu. Saat itu dia masih menjabat Ketua KPK, kemudian muncul kasus pembunuhan bos PT Putra Rajawali Banjaran Nasruddin Zulkarnaen. Ada polemik cinta segitiga pula di situ, sebagaimana motif yang dipaparkan di pengadilan oleh jaksa Cirus Sinaga kala itu.

"Tapi yang mengetahui kebenarannya cuma satu orang, Beliau. Terserah saja masa mendatang, walaupun masa lalu kita selesaikan, ya masa depan Beliau juga harus (diselesaikan) itu," kata JK.

Soal kasus itu, JK sebelumnya menyatakan masih ada pertanyaan-pertanyaan yang tersisa. Namun menurutnya, apapun pertanyaan yang tersisa, pengungkapan kebenaran perlu dilakukan supaya kesalahan tidak terulang.

"Agar menjadi pelajaran kepada siapa saja. Kepada yang katakanlah menyebabkan ini, kepada pengadilan, jaksa, dan korban. Tapi kita percaya kepada lembaga peradilan, jangan lupa. Kita tidak berhak mengatakan ini salah pengadilan. Tapi keadilan dan kebenaran tentu lebih tinggi lagi," kata JK.

Antasari bebas bersyarat sejak 10 November lalu. Dia menjalani tujuh tahun enam bulan di lembaga pemasyarakatan.(dtc)

Editor:wawan k
Sumber:detikcom
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww