Urang Awak Ditunjuk Jadi Presdir PT Freeport

Urang Awak Ditunjuk Jadi Presdir PT Freeport
Chappy Hakim. (merdeka.com)
Sabtu, 26 November 2016 18:38 WIB
JAKARTA - PT Freeport Indonesia menunjuk Marsekal (Purn) Chappy Hakim menjadi Presiden Direktur (Presdir) Freeport. Sebelumnya Chappy Hakim sudah menjadi penasihat senior di Freeport Indonesia.

Penunjukan Chappy Hakim sebagai Presdir Freeport diketahui dari surat Interoffice Memorandum dari President and Chief Executive Officer Freeport McMoran, Richard C Adkerson dan ditujukan kepada PT Freeport Indonesia (PTFI). Dalam surat tersebut, Chappy Hakim ditunjuk sebagai Presiden Direktur (Presdir) PTFI untuk mengisi kekosongan kursi nomor satu perusahaan tambang raksasa dunia tersebut.

Dalam keterangan pada surat Interoffice Memorandum tertanggal 19 November 2016, Richard mengumumkan bahwa akan ditunjuk Chappy Hakim sebagai Presdir PTFI. Penunjukkan Chappy Hakim sebagai Presdir PTFI setelah dilakukan konsultasi dengan pemerintah Indonesia.

Pria kelahiran Yogyakarta, 17 Desember 1947, ini masuk ke Freeport setelah menyelesaikan karir di Angkatan Udara Indonesia, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dengan pangkat Marsekal (bintang empat).

Lahir dari pasangan Abdul Hakim (asal Palembang, Sumatera Selatan) dan Zubainar (asal Ombilin, Sumatera Barat/urang awak). Ayahnya merupakan salah seorang wartawan yang ikut mendirikan kantor berita Antara.

Chappy mengawali kariernya di Skadron II Halim Perdanakusuma pada periode 1973. Dia kemudian ditunjuk menjadi Komandan Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma pada 1989, lalu menjadi Komandan Wing Taruna AAU pada 1992, menjadi Komandan Lanud Sulaiman Bandung pada 1995 dan Direktur Operasi dan Latihan (Diropslat) TNI AU pada 1996.

Dia ditunjuk menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) pada periode 2002-2005, menggantikan pejabat sebelumnya, Marsekal TNI Hanafie Asnan. Chappy Hakim kemudian digantikan oleh Marsekal TNI Djoko Suyanto.

Beberapa posisi yang pernah dipegangnya adalah sebagai Komandan Angkatan Udara Base, The Operasi Direktur Angkatan Udara Markas, Gubernur The Air Force Academy, Bantuan ke kepala Staf Departemen Pribadi, Komandan Jenderal Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Chappy mengenyam pendidikan Sekolah Penerbang pada 1973 dan Sekolah Instruktur Penerbang pada 1982. Dia kemudian masuk ke Sesko TNI AU 1987 dan menjadi Instrukur Hercules C-130 H/HS pada 1985 dan menjadi Sesko ABRI pada 1997 dan ditugaskan di Lemhanas pada 1998.

Sarjana lulusan Universitas Terbuka (UT) itu telah menerima Bintang Swa Bhuana Paksa Nararya, Satyalencana Kesetiaan VIII, XVI, XXIV, Satyalencana GOM VIII Kalbar, GOM IX Raksaka Dharma (Papua), Satyalencana Dwiwidya Sista, dan Satyalencana Seroja.

Selain itu, dia juga memiliki posisi non militer seperti Ketua PB FASI (Federasi Aerosport Seluruh Indonesia) dan Presiden Commisary dari PT. Dirgantara Indonesia sejak 11 Januari 2007, Ketua Tim Nasional untuk evaluasi Keselamatan dan Keamanan Transportasi dan Honoured Member APG (Asosiasi Percontohan Garuda / Garuda Asosiasi Pilot) anggota IFALPA. ***sa

Editor:sanbas
Sumber:okezone.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww