Jangan Unduh Gambar Sembarangan di Facebook Hacker Sebarkan Malware

Jangan Unduh Gambar Sembarangan di Facebook Hacker Sebarkan Malware
Seperti yang ditemukan oleh peneliti keamanan Bart Blazeter baru-baru ini dimana hacker telah menyebar malware di jejaring sosial Facebook. Foto/Ilustrasi.
Kamis, 24 November 2016 11:01 WIB
CALIFORNIA - Aksi hacker atau peretas saat ini memang masih menjadi sosok yang menakutkan ketika berselancar di dunia maya. Bisa dibilang hampir seluruh kegiatan di dunia maya tidak lepas dari pantauan para hacker.

Bahkan media sosial pun tidak lepas dari target penyerangan. Contohnya seperti yang ditemukan oleh peneliti keamanan Bart Blazeter baru-baru ini dimana hacker telah menyebar malware di jejaring sosial Facebook.

Dalam hal ini Blaze menemukan bentuk baru dari malware yang disebarkan melalui Facebook. Malware dibungkus melalui tampilan gambar yang terlihat tidak berbahaya.

Akan tetapi jika gambar tersebut diunduh, file tersebut juga akan mengunduh malware yang dapat menyerang perangkat pengguna. Dimana malware yang ada menggunakan format SVG untuk menyebarkannya ke seluruh pengguna jejaring sosial lainnya.

Cara kerja malware ini, pengguna yang tidak sengaja mengunduh file SVG akan diarahkan ke situs serupa YouTube. Selanjutnya, pengguna kan diminta untuk mengunduh ekstensi codec tertentu agar video dapat dimainkan. Disaat itulah Codec akan mengunduh lebih banyak malware.

Menurut laporan, ektensi berbahaya ini mampu mengubah data pengguna bahkan mengambil alih akun Facebook-nya. Dalam hal ini, gambar berformat SVG memang terbilang berbeda dari file gambar kebanyakan. Format ini dapat membawa konten tambahan seperti JavaScript dan dapat dibuka di laman internet terkini. Demikian dikutip dari Ubergizmo, Kamis (24/11/2016). 

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww