Begini Sikap Khalifah Umar Bin Khatab Bila Istrinya Marah-marah

Begini Sikap Khalifah Umar Bin Khatab Bila Istrinya Marah-marah
Ilustrasi. (renunganislam)
Kamis, 24 November 2016 07:48 WIB
JAKARTA - Sikap Amirul Mukminin, sahabat Rasulullah, Umar Bin Khatab, ketika menghadapi istrinya yang marah-marah, perlu diteladani umat Islam.

Imam As Samarqandi meriwayatkan sebuah kisah bahwa seorang laki-laki datang kepada Umar Bin Khatab. Laki-laki tersebut ingin menceritakan kepada Amirul Mukminin tentang istrinya yang selalu cemberut dan bermuka masam. Ketika sampai di depan pintu rumah Umar, lelaki tersebut mendengar istri Umar, Ummu Kultsum, juga sedang mengomel.

Seketika itu pula lelaki tersebut berbalik dan membatalkan niatnya. Namun, Umar mengetahui dan memanggil lelaki itu dari balik jendela. Lelaki itu kemudian menceritakan niatnya.

Mendengar cerita lelaki itu Umar berkata, “Aku dengarkan baik-baik omelan istriku, dan tidak sedikit pun aku menentangnya karena aku memiliki alasan khusus yaitu; pertama, istriku adalah penghalang antara aku dan neraka. Hatiku selalu berteduh kepadanya sehingga aku terhindar dari perbuatan haram. Kedua, ia menjaga hartaku ketika aku pergi. Ketiga, ia selalu mencuci pakaianku. Keempat, ia membesarkan dan mendidik anak-anakku. Kelima, ia selalu membuatkan masakan untukku.”

Mungkin, kebanyakan di antara kita, ketika istri sedang marah, maka suami pun ikut marah. Sehingga, menimbulkan konflik yang semakin parah. Tapi, hal ini tidak dilakukan oleh Umar. Ia bersikap tenang menghadapi istrinya yang marah. Meski begitu, perbuatan ini bukanlah menunjukkan bahwa Umar adalah suami yang takut istri. Melainkan, ia menghormati seorang istri yang memiliki peran penting dalam hidupnya.***

Editor:sanbas
Sumber:islampos.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww