Pagi Tadi, Gempa 6,9 SR Goncang Jepang, Tsunami Kecil Terjadi di Sejumlah Wilayah

Pagi Tadi, Gempa 6,9 SR Goncang Jepang, Tsunami Kecil Terjadi di Sejumlah Wilayah
ilustrasi
Selasa, 22 November 2016 08:50 WIB
FUKUSHIMA - Jepang diguncang gempa bumi berkekuatan 6,9 SR, pada Selasa (22/11) pagi tadi. Menurut US Geological Survey, gempa dapat memicu tsunami di garis pantai Fukushima.

Pacific Tsunami Warning Center mengeluarkan peringatan tsunami hingga tiga meter di Fukushima. Namun, hingga saat ini tsunami yang terlihat hanya setinggi 30 sentimeter sampai 1,4 meter, tidak sampai ketinggian tiga meter seperti yang telah diperkirakan.

Dilansir dari The Guardian, tsunami setinggi 1,4 meter terlihat di prefektur Miyagi pada pukul 08.03 waktu setempat. Tsunami di Miyagi menjadi tsunami tertinggi yang tercatat pascagempa.

Meski demikian, media lokal memperingatkan, masih ada kemungkinan akan terjadi gelombang tsunami yang lebih besar. Pemerintah Jepang masih meminta masyarakat pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Selain di Miyagi, tsunami kecil juga tercatat terjadi di beberapa daerah. Tsunami setinggi 90 cm terjadi di Pelabuhan Soma pada pukul 07.06, tsunami 80 cm terjadi di Ishinomaki Ayukawa pada pukul 07.39, tsunami 80 cm terjadi di Pelabuhan Kuji pada pukul 07.54, dan tsunami 60 cm terjadi di Pelabuhan Onahama pada pukul 06.49.(rol)

loading...
Editor:wawan k
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww