Bom Bunuh Diri Meledak di Masjid Syiah, 21 Jamaah Tewas

Bom Bunuh Diri Meledak di Masjid Syiah, 21 Jamaah Tewas
Noda darah terlihat usai ledakan bom bunuh diri.
Selasa, 22 November 2016 08:04 WIB
KABUL - Serangan bom bunuh diri mengguncang sebuah masjid milik syiah di Ibu Kota Kabul, Afghanistan, Senin (21/11). Kementerian dalam negeri melaporkan sedikitnya 21 orang tewas. 

Ledakan tepatnya terjadi di masjid Baqer-ul-uloom di area Darul Amen. Kepala kepolisian Kabul, Abdul Rahman Rahimi mengatakan pada Aljazirah sejumlah orang dilaporkan terluka serius.

Reuters mengutip kepala departemen investigasi kriminal Kabul, Fraidoon Obaidi menyebutkan 35 orang terluka. Belum ada pihak yang mengklaim serangan tersebut.

Sejumlah kendaraan milik kepolisian dikerahkan untuk melarikan korban luka ke rumah sakit. Diperkirakan korban tewas akan bertambah.

Rahimi menjelaskan masjid tersebut sedang ramai oleh jamaah yang berkumpul untuk upacara Arbain Syiah. Perayaan ini dilakukan 40 hari setelah festival Asyura.

Arbain menandakan berakhirnya periode berkabung atas Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad yang dibunuh pada 680. Festival Asyura digelar untuk memperingati momen tersebut.

Acara ini biasanya dilakukan oleh komunitas syiah yang merupakan minoritas di Afganistan. Serangan melawan syiah di masjid-masjid sebelumnya sudah sering terjadi.

Peristiwa terakhir terjadi saat perayaan Asyura yang menewaskan 14 orang. Pada Juli lalu, lebih dari 80 orang tewas dalam serangan pada demonstrasi oleh minoritas Syiah Hazara. Insiden ini diklaim ISIS.(rol)

Editor:wawan k
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww