Wanita Berisiko Terserang Kanker Paru, Ini Gejalanya

Wanita Berisiko Terserang Kanker Paru, Ini Gejalanya
Ilustrasi. (money.id)
Jum'at, 11 November 2016 08:03 WIB
JAKARTA - Wanita juga berisiko terserang kanker paru. Namun gejala kanker paru pada wanita berbeda dari pria. Seperti dilansir Very Well, sama dengan penyakit jantung, tak banyak gejala yang bisa dilihat dari kanker paru sehingga diagnosis sering terlambat.

Gejala yang paling umum kanker paru adalah batuk kronis dan bahkan disertai darah. Pada wanita, gejalanya lebih sulit terlihat, tapi biasanya ditandai dengan sulit bernafas atau kelelahan saat beraktivitas. Karena itulah gejala ini sering dikira akibat faktor usia atau kelebihan berat badan.

Salah satu alasan paling umum yang membedakan gejala pada jenis kelamin adalah karena tipe kanker yang juga berbeda, sehingga gejalanya pun berbeda. Selain itu, lebih banyak wanita bukan perokok yang terserang kanker paru dibanding pria.

Gejala kanker paru yang paling umum pada pria dan wanita adalah batuk terus menerus dan kadang disertai darah, nafas berbunyi "ngik-ngik", nafas terengah-engah meski tidak habis berolahraga, serak, dan infeksi paru-paru yang berulang kali, seperti bronkitis dan pneumonia.

Pada perempuan, kanker paru yang paling banyak menyerang adalah adenocarcinoma, yang biasanya berkembang di bagian luar dari paru-paru. Tumor yang tumbuh bisa membesar atau menyebar sebelum penderita menunjukkan gejala apapun. Gejala adenocarcinoma yang paling banyak dilihat dari wanita adalah:

Nafas terengah-engah

Gejala inilah yang sering disalahartikan karena dikira hanya karena pertambahan usia, dan biasanya terlihat saat penderita naik atau turun tangga.

Nyeri punggung dan bahu

Nyeri ini disebabkan tekanan pada syaraf yang disebabkan oleh tumor.

Mudah Lelah

Salah satu gejala kanker paru adalah mudah lelah walaupun tak melakukan aktivitas berat.

Penyebaran kanker (metastasis), dengan area penyebaran yang paling umum adalah tulang, otak, dan liver.***

Editor:sanbas
Sumber:tempo.co
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/