Ini Tiga Hal yang Bisa Gantikan Rokok untuk Bantu Usir Stres

Ini Tiga Hal yang Bisa Gantikan Rokok untuk Bantu Usir Stres
ilustrasi
Kamis, 10 November 2016 06:01 WIB
KETIKA merasa stres, perokok mungkin akan langsung menyalakan rokoknya, kemudian menghisapnya, berharap stres bisa berkurang atau hilang secara drastis. Padahal, hal tersebut hanya bersifat sementara dan justru dalam jangka panjang akan membuat stres jadi lebih parah akibat masalah kesehatan berskala akut yang sangat mungkin dialami.

Beberapa masalah kesehatan termasuk peningkatan tekanan darah, detak jantung meningkat, hingga pembuluh darah yang mengerut.

Jika tak ingin mengalaminya, salah satu strategi terbaik ialah mengganti kegiatan merokok tersebut dengan aktivitas relaksasi yang bisa dilakukan secara rutin. Sehingga, ketika Anda merasakan hasrat ingin merokok, segera lakukan salah satu dari tiga metode di bawah ini sebagai penggantinya, dilansir dari Healthline, Rabu (9/11/2016):

1. Berlatih pernapasan mendalam dan meditasi

Anda dapat melakukannya beberapa kali, sampai Anda merasa santai. Caranya, cari tempat yang tenang, duduk, lalu tutup mata Anda, kontrol pernapasan, letakkan tangan di perut Anda, kemudian secara perlahan tarik napas sambil merasakan perut mengembang, lalu hembuskan napas secara perlahan-lahan sampai udara dalam perut habis.

2. Visualisasi atau berkhayal

Visualisasi dapat langsung meredakan ketegangan dan kecemasan. Caranya, luangkan beberapa saat untuk duduk di kursi atau berbaring dalam ruangan yang tenang dan tutup mata Anda, kemudian bayangkan diri Anda dalam lingkungan yang menyenangkan dan tenang sambil membayangkan pula suara air, hangatnya sinar matahari, dan aroma dari rerumputan. Hal ini akan membantu mengurangi stres.

3. Lakukan yoga atau tai chi

Jika stres berlangsung sangat lama, coba lakukan latihan rutin seperti yoga dan tai chi. Yoga dapat menyingkirkan kecemasan dan stres dengan cara melepaskan tekanan mental yang beredar dalam tubuh Anda, sedangkan tai chi membantu mencapai keseimbangan dalam tubuh Anda melalui gerakan-gerakannya.(lpc)

Editor:wawan k
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/