Satu Perwira AL Amerika Dilaporkan Tewas di Tangan ISIS

Satu Perwira AL Amerika Dilaporkan Tewas di Tangan ISIS
Seorang anggota militer Amerika Serikat (AS) dilaporkan turut menjadi korban tewas dalam operasi pembebasan Mosul. Foto/Istimewa
Rabu, 26 Oktober 2016 12:01 WIB
MOSUL, Irak - Seorang anggota militer Amerika Serikat (AS) dilaporkan turut menjadi korban tewas dalam operasi pembebasan Mosul. Tentara AS yang diketahui bernama Jason Finan tewas saat terjadi pertempuran antara pasukan Kurdi dengan ISIS di pinggiran Mosul.

Menurut pusat komando pasukan gabungan Irak, Finan adalah salah satu penasihat AS yang bertugas melatih tentara Kurdi. Perwira tinggi Angkatan Laut AS itu tewas saat pasukan Kurdi terdesak oleh serangan yang dilancarkan ISIS di dekat Mosul.

"Finan berada di belakang garis depan untuk memberikan nasihat kepada pasukan Kurdi, saat mereka melakukan seragan di Mosul, sebelum akhirnya pasukan Kurdi mendapat serangan bertubi-tubi (dari ISIS)," kata pusat komando, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (26/10).

Kabar kematian Finan dibenarkan oleh Kementerian Pertahanan AS, dan mengatakan Finan tewas dalam pertempuran yang berlangsung pada Jumat pekan lalu. 

Sementara itu, juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan Finan telah berada di Irak selama beberapa waktu untuk memberikan dukungan teknis kepada pasukan Kurdi yang tengah berjuang membebaskan Mosul.

Para pejabat AS sendiri telah berulang kali menekankan bahwa tidak ada anggota militer AS yang berada di garis depan operasi koalisi. Pasukan AS hanya bertugas untuk memberikan nasihat dan pelatihan, baik kepada pasukan Irak ataupun Kurdi. 

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww