MotoGP Australia

Crutchlow Juara, Rossi dan Vinales Hebat, Marquez 'Makan Aspal'

Crutchlow Juara, Rossi dan Vinales Hebat, Marquez Makan Aspal
Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, menjadi juara MotoGP Australia di Phillip Island, Minggu (23/10/2016). [Bola.com/Twitter/LCRHondaTeam]
Minggu, 23 Oktober 2016 13:00 WIB
PHILIP ISLAND - Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, berhasil menjuarai balapan MotoGP Australia di Phillip Island, Minggu (23/10/2016). Ini menjadi kemenangan kedua Crutchlow pada musim 2016 setelah di Brno, Rep. Ceska.

Start dari posisi kedua, Crutchlow mengalahkan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang secara brilian finis kedua setelah start dari posisi ke-15. Posisi ketiga menjadi milik rider Suzuki, Maverick Vinales setelah start dari posisi ke-13.

Jalannya Balapan

Balapan MotoGP Australia berlangsung dalam cuaca cerah. Marc Marquez start dari pole position. Cal Crutchlow dan Pol Espargaro menemani Marquez memulai balapan dari grid terdepan.

Duo Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, agak jauh di belakang. Lorenzo start di posisi ke-12, sedangkan Rossi dari grid ke-15 alias baris kelima.

Sementara itu, Maverick Vinales start dari posisi ke-13. Jack Miller memulai lomba dari posisi kelima, sedangkan Nicky Hayden start di grid ketujuh.

Pol Espargaro melakukan start dengan baik. Dia langsung melesat ke depan diikuti Marquez dan Crutchlow. Namun, tak lama berselang Marquez kembali menyalip Espargaro untuk memimpin selepas lap pertama.

Di sisi lain, Lorenzo naik ke posisi kedelapan dan Rossi ada di peringkat ke-14. Vinales juga naik dua posisi ke peringkat ke-11.

Rossi terus merangkak naik. Pada lap ketiga, Rossi sudah berada di posisi keenam di depan Lorenzo.

Di depan, Crutchlow berduel dengan Espargaro bersaudara, Pol dan Aleix, untuk memperebutkan posisi kedua. Tak lama, Rossi dan Andrea Dovizioso juga ikut memanaskan persaingan.

Saat rider di belakang bertarung memperebutkan posisi, Marquez semakin jauh meninggalkan rival-rivalnya di depan.

Tiga lap berselang, Rossi menyalip Pol Espargaro untuk menembus lima besar. Setelah itu, giliran Dovizioso yang jadi korban Rossi dan harus merelakan posisi keempat kepada The Doctor. Pada saat yang sama, Marquez unggul 2,5 detik di depan Crutchlow yang menempati posisi kedua.

Aksi Rossi berlanjut pada lap kedelapan. Giliran Aleix Espargaro yang disalip Rossi. The Doctor pun naik ke posisi ketiga.

Tak lama berselang, petaka menghampiri Marquez. Jauh memimpin di depan, Marquez malah crash out pada tikungan 4 setelah ban depannya selip. Namun, Marquez langsung bangkit dan baik-baik saja meski motornya rusak. Inilah untuk pertama kalinya Marquez gagal finis pada 2016.

Usai Marquez terjatuh, Crutchlow mendapat berkah dan berhak memimpin lomba. Dia unggul 1,9 detik di depan Rossi yang berada di posisi kedua dengan 16 lap tersisa. Peringkat ketiga ditempati Aleix Espargaro.

Crutchlow terus memperlebar jarak dengan Rossi. Saat 13 lap tersisa, keunggulannya atas Rossi sudah 2,4 detik. Di belakang, Vinales menyalip Pol Espargaro untuk merebut posisi kelima.

Saat balapan 12 lap lagi, Rossi mulai kesulitan dan membuat kesalahan. Motornya melebar pada tikungan 4 sehingga Crutchlow semakin menjauh, sementara di sisi lain Dovizioso, Aleix Espargaro, dan Vinales yang sedang memperebutkan posisi ketiga semakin mendekat.

Pada 10 lap terakhir, duel antara Dovizioso, Aleix Espargaro, dan Vinales untuk posisi terakhir di podium semakin memanas. Ketiganya bergantian saling menyusul. Di depan, Crutchlow sudah unggul lebih dari 5 detik di depan Rossi.

Pada lima lap menjelang balapan berakhir, Aleix Espargaro harus melupakan impian naik podium karena terjatuh saat berada di posisi ketiga. Aleix terjatuh pada tikungan 4.

Nicky Hayden juga terjatuh pada dua lap terakhir saat berada di posisi keenam.

Crutchlow mampu mempertahankan posisi terdepan hingga finis pertama. Rossi finis di posisi kedua. Vinales memenangi pertarungan dengan Dovizioso untuk merebut podium ketiga.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:bola.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww