Ini Ciri Peradangan Kanker Payudara: Tanpa Benjolan, Tapi Lebih Ganas

Ini Ciri Peradangan Kanker Payudara: Tanpa Benjolan, Tapi Lebih Ganas
peradangan kanker payudara inflammatory breast cancer.
Rabu, 19 Oktober 2016 21:21 WIB
JAKARTA - Inflammatory breast cancer alias peradangan kanker payudara adalah kanker payudara yang langka dan agresif, dan dapat menyebabkan payudara tampak merah dan bengkak.

Dibandingkan dengan bentuk lain dari kanker payudara, peradangan kanker payudara cenderung menyerang wanita muda. Pria yang didiagnosis dengan inflammatory breast cancer berusia lebih tua daripada rata-rata pasien wanita. Inflammatory breast cancer sering disalahartikan dengan kondisi lain. Agar masyarakat tidak menyalahartikan gejala yang ditimbulkan dari peradangan kanker payudara ini, Hello Sehat (hellosehat.com) akan memberikan informasi lebih detil lagi mengenai inflammatory breast cancer.

Gejala dan ciri inflammatory breast cancer

Kasus peradangan kanker payudara akan bervariasi, tetapi ada beberapa gejala umum. Anda mungkin tidak akan mengalami semua gejala ini, Anda mungkin tidak akan mendeteksi benjolan, dan inflammatory breast cancer mungkin tidak muncul pada mammogram. Beberapa gejala berikut juga bisa menandakan kondisi lain, sehingga mintalah bantuan dokter Anda.

• Bertambahnya ukuran payudara secara mendadak (hingga bertambah satu cup dalam beberapa hari)

• Perubahan warna kulit payudara: merah muda, merah, atau berwarna gelap

• Kulit terlihat seperti kulit jeruk (disebut peau d’orange)

• Gatal terus menerus pada kulit payudara

• Payudara lebih hangat, lebih keras, atau lebih kencang dari biasanya

• Payudara terasa nyeri yang tidak berhubungan dengan siklus menstruasi

• Retraksi puting, puting masuk ke dalam

• Pembengkakan kelenjar getah bening di bawah lengan atau di atas tulang selangka

Baca Juga: Takut Terserang Kanker Payudara, Jangan Konsumsi Minuman Ini

Bagaimana cara mendiagnosis inflammatory breast cancer?

Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan klinis payudara, termasuk pemeriksaan visual payudara Anda. Dokter akan melihat perubahan warna kulit yang mungkin disebabkan oleh sel-sel kanker menghalangi kelenjar getah bening dan pembuluh darah di kulit payudara Anda.

Jika payudara Anda bengkak, itu mungkin disebabkan oleh penumpukan cairan, kondisi yang disebut edema. Dokter Anda akan memeriksa kelenjar getah bening terdekat dengan payudara Anda. Jika kulit payudara Anda bergerigi, atau menyerupai kulit jeruk, juga akan dicatat. Gejala-gejala ini dapat berkembang dengan cepat, kadang-kadang hanya tampak dalam semalam dan kadang-kadang perlu beberapa minggu atau bulan.

Baca Juga: Begini Cara Mencegah Potensi Kanker Payudara

Berdasarkan pemeriksaan payudara klinis, dokter akan membuat diagnosis inflammatory breast cancer, tetapi harus dikonfirmasi dengan tes lainnya. Karena peradangan kanker payudara dapat muncul menjadi kondisi lain, seperti mastitis, penting untuk menindaklanjuti dengan tes tambahan ini.

• Mammogram – untuk memeriksa tumor atau penebalan kulit dan meningkatkan kepadatan payudara

• USG – untuk melihat kelenjar getah bening aksila dan massa payudara

• Biopsi payudara atau biopsi kulit

• MRI – gambar massa payudara dan perubahan kulit

• Scan CAT dan PET – gambar dari jaringan lunak, tulang, dan pembuluh darah dan kelenjar getah bening, mungkin situs metastasis

Pertumbuhan inflammatory breast cancer

Peradangan kanker payudara umumnya tumbuh dalam bentuk sarang atau lapisan, bukan berbentuk benjolan.Inflammatory breast cancer menyebar melalui tubuh, di luar payudara, melalui sistem getah bening. Ia dapat menjadi tumor yang tumbuh lambat, tetapi sekali kulit payudara terlihat meradang, dapat dikonfirmasi sebagai kanker yang lebih berkembang dan telah dengan cepat menjalar ke permukaan.

Baca Juga: Kampanye Bahaya Kanker Payudara, Ramai-ramai Lepas Bra

Stadium inflammatory breast cancer

Inflammatory breast cancer selalu diklasifikasikan sebagai stadium 3b atau stadium 4 kanker payudara. Stadium 3b berarti bahwa kanker lebih besar dari 5 cm, pada setidaknya satu kelenjar getah bening, dan belum menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda. Stadium 4 berarti bahwa kanker berada pada dinding dada dan/atau kulit, kelenjar getah bening ikut terlibat, dan telah menyebar ke organ lain. Penting untuk mengetahui stadium kanker Anda, karena sangat berpengaruh pada rencana pengobatan Anda dan peluang kambuhnya serta kelangsungan hidup.

Pengobatan inflammatory breast cancer

Peradangan kanker payudara bersifat agresif, dan harus diobati dengan tepat. Langkah awal Anda adalah kemoterapi neoadjuvant, yang diberikan sebelum operasi. Anda akan dipantau dengan saksama untuk melihat bagaimana kanker Anda merespon terhadap pengobatan. Perawatan untuk peradangan kanker payudara mungkin termasuk:

• Kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker dan tumor

• Radiasi ke dinding dada Anda

• Terapi biologi yang ditargetkan

• Mastektomi untuk menghilangkan sisa kanker

• Aksila diseksi kelenjar getah bening

• Terapi hormonal untuk mengurangi risiko kambuh

Mungkinkah inflammatory breast cancer kambuh lagi setelah dinyatakan sembuh?

Inflammatory breast cancer memiliki risiko kambuh yang lebih tinggi dari jenis kanker payudara lain. Statistik menunjukkan bahwa angka harapan hidup 5 tahun untuk pasien inflammatory breast cancer adalah antara 25-50 persen, jauh lebih rendah daripada tingkat kelangsungan hidup untuk pasien dengan jenis lain dari kanker payudara. Setiap kasus adalah unik, jadi diskusikanlah prognosis Anda dengan dokter, untuk mendapatkan solusi yang lebih baik dari situasi Anda.

Jika Anda telah didiagnosis dengan peradangan kanker payudara stadium 3b dan menjalani perawatan yang efektif, Anda mungkin dapat hidup lebih lama dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik setelah diagnosis. Jika ditemukan lebih dini, inflammatory breast cancer dapat diobati sebagai penyakit kronis, dan pasien mungkin dapat bertahan hidup lebih lama. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:infosehat.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/