Ini Alasan Ibu Hamil Sering Pipis

Ini Alasan Ibu Hamil Sering Pipis
Ilustrasi
Sabtu, 15 Oktober 2016 12:04 WIB
JAKARTA - Kehamilan membuat banyak wanita mengalami perubahan besar seperti, mual, muntah, perubahan suasana hati hingga kenaikan berat badan. Di usia kandungan sembilan bulan, ibu hamil juga akan sering buang air kecil atau pipis. Apa alasannya?

Sering pipis saat usia kandung besar ini kerap banyak ibu hamil merasa risih dan letih karena harus bolak balik ke kamar mandi. Dilansir Thehealthsite, sejumlah pakar mengatakan pipis merupakan kondisi normal dan wajar. Ibu hamil pun tak perlu khawatir.

Umumnya, sering pipis pada ibu hamil disebabkan karena posisi bayi berubah ke bawah. Tepatnya mendekati mulut rahim. Sementara kepala bayi yang menekan daerah panggul juga memberikan efek tekanan pada kandung kemih. Akibatnya ibu hamil akan mudah pipis.

Selama tidak disertai dengan keluhan lain seperti, nyeri saat buang air kecil, nyeri perut bawah dan demam, ibu hamil tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Selama hamil, mereka juga diminta untuk tidak menahan pipis, minum cukup air putih agar tidak dehidrasi dan hindari kopi, soda, alkohol, dan teh. Selain itu, perbanyak minum air putih saat siang hari, pipis sebelum keluar rumah.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww