Pelihara Kesehatan Payudara Anda dengan Melakukan 4 Hal Ini

Pelihara Kesehatan Payudara Anda dengan Melakukan 4 Hal Ini
Ilustrasi. (lp6c)
Kamis, 06 Oktober 2016 19:00 WIB
JAKARTA - Jumlah penderita kanker payudara terus meningkat dan semakin mengancam kaum wanita.

Gejalanya yang hampir tidak terasa dan disadari, membuat kanker payudara bertumbuh dengan cepat dan semakin membahayakan tubuh. Bahkan tidak sedikit kaum hawa yang akhirnya meninggal akibat kanker payudara yang telat diketahui.

Untuk menghindari hal itu terjadi, sangat penting sekali untuk melakukan kebiasaan untuk memastikan kesehatan payudara Anda. Berikut kebiasaan yang dapat Anda lakukan agar payudara tetap terjaga kesehatannya.

1. Rutin Berolahraga 

Olahraga rutin akan meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah obesitas, dan menurunkan kadar estrogen dan insulin dalam tubuh Anda. Alangkah baiknya jika Anda bisa rutin berolahraga selama 45 hingga 60 menit setiap hari.

2. Konsumsi Sayuran

Sayuran memiliki kandungan rendah lemak yang cocok untuk mengurangi resiko kanker payudara. Anda bisa mencari sayuran yang memiliki kandungan indoles yang dapat mengurangi estrogen dari tubuh dan mencegah perkembangan kanker payudara. Kandungan tersebut terdapat di sayuran brokoli, kubis brussel, kol, kembang kol, bok choy, kangkung, bayam, dan lobak cina.

3. Jaga Berat Badan

Berat badan yang berlebihan bisa meningkatkan resiko kanker payudara. Bahkan menurut Harold Freeman, M.D., presiden dan pendiri Ralph Lauren Center untuk kanker dan pencegahannya di New York City, berat badan yang berlebihan akan memperkecil peluang untuk sembuh dari kanker payudara.

4. Lakukan Pengecekan Berkala

Agar kesehatan payudara terjaga, lakukanlah pengecekan payudara minimal 6 bulan sekali dengan tindakan MRI, sonogram, atau mammogram. Untuk pengecekan setiap hari, Anda dapat melakukan gerakan SADARI di rumah. Pengecekan yang rutin dapat menentukan tindakan untuk kesehatan payudara Anda.

Sayangnya pengecekan berkala ini kadang suka dilupakan oleh beberapa orang. Alangkah baiknya jika Anda memiliki alat pembantu untuk mengingatkan Anda. Agar semakin memudahkan, Anda bisa memilih aplikasi smartphone yang memiliki fitur pas untuk kebutuhan Anda.

Akan lebih baik jika aplikasi yang Anda pilih memiliki fitur yang dapat mengingatkan aktivitas harian yang menyehatkan, seperti olahraga, minum air putih, dan istirahat yang cukup.***

Editor:sanbas
Sumber:liputan6.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww