Berkat Kitabisa, Muslim Chiba Jepang Akhirnya Punya Masjid

Berkat Kitabisa, Muslim Chiba Jepang Akhirnya Punya Masjid
(kitabisa.com)
Rabu, 05 Oktober 2016 11:17 WIB
JAKARTA - Impian komunitas muslim di Chiba, Jepang, untuk memiliki masjid, akhirnya terwujud berkat hasil patungan masyarakat, termasuk penggalangan dana melalui situs crowdfunding kitabisa.com. Dan patungan mencapai Rp3,1 miliar dari 7.300 donatur.

"Alhamdulliah akhirnya lunas setelah bertahun-tahun menyewa gedung untuk beribadah," ujar anggota Chiba Islamic Culture Centre (CICC) Dian Mertani dalam rilis yang diterima Tempo, Rabu, 5 Oktober 2016.

Pada 4 Oktober 2016 lalu telah dilakukan serah terima dari pemilik gedung kepada ketua CICC yang menandakan muslim di Chiba telah memiliki masjid sendiri. Uang sebesar Rp 3 miliar untuk membayar gedung akhirnya tercapai tepat satu hari sebelum batas waktu pelunasan biaya gedung. Jika tidak dilunasi, uang muka yang telah mereka bayarkan hangus.

Penggalangan dana melalui kitabisa.com telah menjadi viral karena salah satu post di Facebook yang dishare hingga puluhan ribu kali oleh netizen. Postingan ini telah menjangkau jutaan penonton yang akhirnya menjadi donatur. "Selain memecahkan rekor sebagai campaign terbesar di website kami, ini juga menunjukkan gotong-royong manusia berbeda, ras, negara sampai agama," ujar CEO Kitabisa.com Alfatih Timur.

Selain melalui kitabisa.com komunitas muslim di Chiba juga melakukan penggalangan dana dengan menyebarkan poster dan berkeliling dengan kotak donasi. Kemudian juga mendapatkan pinjaman dana dari beberapa dermawan. Total terkumpulnya dana 52 juta Yen atau setara Rp6,6 miliar.

Dengan terdanainya masjid Chiba Jepang, kitabisa.com secara total telah memfasilitasi penggalangan dana sebesar Rp 40 milyar untuk lebih dari 2000 kampanye sosial. Selain campaign skala besar, setiap harinya ada puluhan inisiatif galang dana masuk di kitabisa yang mayoritas digunakan untuk mendanai teman, kenalan atau keluarga yang sedang membutuhkan.

"Dengan teknologi kami berusaha membuat galang dana antar sesama teman, alumni dan komunitas menjadi lebih mudah, viral dan transparan," ujar Alfatih.

Berhasilnya masyarakat muslim di Chiba memiliki masjid tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi masyarakat Indonesia tapi juga negara lain. Seperti Malaysia, Bangladesh, Pakistan, Ughyur, dan Arab. Mayoritas di antara mereka adalah mahasiswa (S1-S3), karyawan dan ibu rumah tangga.***

Editor:sanbas
Sumber:tempo.co
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww