Tersangka Yogan Askan: Gubernur Irwan Prayitno Tahu Suap Alokasi Anggaran Proyek 12 Ruas Jalan

Tersangka Yogan Askan: Gubernur Irwan Prayitno Tahu Suap Alokasi Anggaran Proyek 12 Ruas Jalan
Irwan Prayitno, Gubernur Sumbar
Jum'at, 12 Agustus 2016 17:37 WIB

JAKARTA – Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno disebut mengetahui suap untuk pengalokasian anggaran proyek 12 ruas jalan di Provinsi Sumatera Barat agar masuk di APBN-P 2016. Pasalnya, pengajuan dilakukan saat Irwan sudah menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat. 

"Sebagai kepala daerah tentunya tahu. Pengajuan anggaran (itu)," kata Yogan usai diperiksa di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (12/8/2016).

Menurut Yogan, yang juga merupakan kader Partai Demokrat di wilayah Sumbar, pemeriksaan Irwan merupakan pengembangan kasus yang sudah menjerat anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat, I Putu Sudiartana.

"Ya itu pengembangan aja. Sebagai pemerintah daerah pasti tahu," tukas dia sambil masuk ke mobil tahanan.

Untuk diketahui, hari ini penyidik KPK memeriksa Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Reydonnyzar Moenek. Keduanya diduga tahu soal pengurusan anggaran untuk proyek jalan di Sumbar. KPK sedang mengusut kasus dugaan suap pengalokasian anggaran proyek 12 ruas jalan di Sumatera Barat agar masuk di APBN-P 2016.

KPK sendiri telah menjerat lima orang menjadi tersangka. Mereka adalah anggota Komisi III DPR, I Putu Sudiartana, Noviyanti selaku staf Putu di Komisi III, Suhemi yang diduga perantara, seorang pengusaha bernama Yogan Askan, serta Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang dan Pemukiman Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Suprapto. Putu diduga menerima suap Rp500 juta.

Selain itu, saat menangkap Putu yang juga Wakil Bendahara Umum Demokrat ini di rumah dinasnya, penyidik KPK berhasil menyita uang sebesar SGD40 ribu. Suap tersebut diduga diberikan oleh dua pihak yakni Kepala Dinas Sarana Prasaranan Jalan dan Tata Ruang Pemukiman Pemerintah Provinsi Sumbar, Suprapto dan seorang perantara yang diketahui sebagai pendiri Partai Demokrat Sumbar, Yogan Askan.(***)

Editor:Agib Noerman
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77