Anda Pakai Lensa Kontak? Hati-hatilah, Bila Tak Ingin Bernasib Seperti Gadis Cantik Ini

Anda Pakai Lensa Kontak? Hati-hatilah, Bila Tak Ingin Bernasib Seperti Gadis Cantik Ini
(dream)
Minggu, 01 Mei 2016 11:04 WIB
BILA Anda memakai lensa kontak, berhati-hatilah. Pastikan kebersihan lensa kontak Anda. Sehingga tidak menjadi alat penyebar penyakit bagi mata. Jika tidak, bisa jadi lensa kontak itu menjadi sarana penyebaran parasit yang merusak mata Anda.

Belajarlah dari kasus Jess Greaney ini. Mahasiswi cantik asal Birmingham, Inggris ini hampir saja kehilangan penglihatan karena bola matanya digerogoti parasit. Dan parasit itu diduga menyebar akibat lensa kontak yang terkontaminasi.

Menurut lamanĀ Mirror.co.uk, Selasa 19 Mei 2015, semula Greaney mengira mata kirinya mengalami sakit biasa. Namun lama kelamaan, sakit yang dia rasakan semakin luar biasa. Dia bahkan tak bisa memejamkan mata selama empat hari berturut-turut. Matanya menjadi merah.

Akhirnya Greaney memeriksakan matanya ke rumah sakit. Setelah diperiksa akhirnya diketahui bahwa terdapat parasit Acanthamoeba Keratitis di dalam matanya. Yang lebih mengerikan, parasit itu memakan konea matanya. Matanya terancam buta.

"Beberapa hari pertama terasa berat, mereka [parasit] membuat saya terjaga siang dan malam selama empat hari," tutur Greaney.

Greaney kemudian menjalani perawatan intensif. "Staf rumah sakit memberi tahu saya betapa serius masalah ini. Saya sangat sedih. Parasit itu berada di kornea saya, memakannya," tambah dia.

Pada hari ke empat di rumah sakit, Greaney menangis setiap lima menit sekali, sebab parasit memakan kornea matanya. Sudah begitu kondisinya semakin menurun karena tak bisa tidur selama berhari-hari.

Dokter kemudian membedah mata mahasiswa Nottingham University ini. Setelah seminggu dirawat, dokter mengizinkannya pulang untuk melakukan perawatan di rumah dengan memberikan tetes mata 41 kali dalam sehari.

Saat ini, Greaney masih harus memberikan tetes mata 22 kali dalam sehari. Dia juga harus kontrol ke rumah sakit setiap dua minggu sekali. "Masih ada parasit di dalam mata saya. Sangat sulit memastikan berapa lama lagi untuk menyembuhkan ini," ujar Greaney.

Menurut dia, bencana yang terjadi pada matanya itu bermula dari penggunaan lensa kontak yang terkontaminasi. "Jika air mengontaminasi lensa, ini bisa menyebabkan infeksi. Parasit hidup di antara lensa dan mata, kemudian parasit menggerogoti kornea, melalui mata dan kemudian ke sumsum tulang belakang," kata Greaney.

Dengan kejadian ini, Greaney mengatakan sangat penting untuk menjaga kebersihan lensa kontak. Sebab, sakit mengerikan yang tengah dialami Greaney ini bermula dari kecerobohannya meletakkan lensa kontak di dekat wastafel kampusnya.

"Jika begitu banyak tetesan air mengenai lensa, bisa menjadi masalah. Saya mengalami infeksi ini hanya dengan meninggalkan lensa kontak saya dekat wastafel," ujar Greaney.***

Editor:sanbas
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/