Konsumsi 5 Makanan Ini Justru Membuat Anda Makin Lapar

Konsumsi 5 Makanan Ini Justru Membuat Anda Makin Lapar
(kompas.com)
Senin, 18 April 2016 10:00 WIB
MENGONSUMSI makanan biasanya dimaksudkan untuk menghilangkan rasa lapar. Namun perlu Anda ketahui, ada makanan yang justru membuat kita tambah lapar bila mengonsumsinya.

1. Makanan asin

Sebuah studi oleh University of Florida College of Medicine & McKnight Brain Institute, Gainesville, menunjukkan bahwa makanan asin hanya akan membuat kita ketagihan dan berakibat bertambahnya berat badan.

Selain itu, garam membuat Anda haus, yang dapat menyebabkan Anda minum minuman yang tidak baik seperti soda dan alkohol.

2. Makanan dengan pemanis

Sebuah tinjauan studi tentang pemanis oleh Yale University menemukan bahwa rasa manis, baik dari gula atau pemanis buatan, dapat meningkatkan nafsu makan tetapi tidak berarti rasa lapar Anda akan hilang.

3. Roti putih dan pasta

Roti putih dan pasta memiliki indeks glikemik tinggi, yang berarti mereka cepat dicerna dan diubah menjadi gula, menyebabkan tubuh Anda melepaskan insulin.

Sebuah tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology menemukan bahwa peningkatan insulin berhubungan dengan meningkatnya rasa lapar.

4. MSG (monosodium glutamat)

Zat penambah rasa atau dikenal dengan MSG juga ditemukan dalam makanan seperti chicken nugget, daging olahan dan sup kaleng. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Obesity menemukan bahwa mengonsumsi makanan dengan MSG mungkin terkait dengan peningkatan risiko kelebihan berat badan.

Mengapa? Studi lain yang dipublikasikan dalam The European Journal of Clinical Nutrition, berpendapat bahwa MSG sebenarnya merusak regulasi nafsu makan.

5. Makanan cepat saji

Burger, pizza, serta makanan cepat saji lainnya memiliki beban glikemik tinggi, yang menyebabkan gula darah naik. Hal ini membuat orang ingin makan lebih sering, terutama makanan dengan gula dan lemak yang tinggi.***

Editor:sanbas
Sumber:kompas.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77