7 Bulan Makan Rumput, 40 Ribu Orang di Wilayah Ini Menunggu Kematiannya Akibat Kelaparan

7 Bulan Makan Rumput, 40 Ribu Orang di Wilayah Ini Menunggu Kematiannya Akibat Kelaparan
(dream)
Jum'at, 08 Januari 2016 15:01 WIB
DAMASKUS - Inilah kabar duka dari Madaya. Wilayah pedalaman Damaskus, Suriah --negeri yang koyak oleh perang saudara. Dekat perbatasan Lebanon. Seluruh penduduk di daerah itu terancam mati. Menyusul yang tewas tertembus peluru dan lumat oleh bom di medan laga negeri Syam.

Sudah 7 bulan wilayah berpenduduk 40.000 jiwa itu dikepung tentara. Bagi yang melarikan diri, tewas diterjang pelor. Yang masih hidup ditangkap. Dikerangkeng. Sementara, yang berdiam di rumah, juga terancam mati. Kelaparan.

Sejak dikepung pada Juli tahun lalu, wilayah itu bak neraka. Mereka tak bisa makan. Semua gudang logistik sudah kosong. Dapur memang masih mengepul. Tapi lihatlah apa yang mereka masak. Rumput dan dedaunan.

Telusuri saja lini masa Twitter dengan tagar #madaya. Di sana Anda akan melihat gambar-gambar menyayat hati. Orang dewasa, anak-anak, laki dan perempuan, mereka kurus kering. Tinggal tulang terbungkus kulit. Mati dengan perut kempis.

Bahkan, tak sedikit warga yang ingin menukar barang berharga dengan makanan. Mobil ditukar dengan 10 kilogram beras dan 3 kilogram susu.

“Saya makan daun stroberi pada malam hari. Saya sudah tak memiliki makanan selama tiga bulan,” kata Rajai, sebagaimana dikutip Dream dari Vice News, Kamis 7 Januari 2016.

“Anak-anak di sini sekarang makan daun dari pohon-pohon dan yang tua dan dewasa banyak yang mati,” tambah dia. Sejak dikepung hingga kini, berat Rajai susut 22 kilogram.

Warga di Madaya benar-benar butuh bantuan. “Setiap hari dilewatkan dnegan taruhan nyawa masyarakat. Mohon, komunitas internasional harus bertindak cepat, mohon bertindak cepat menyelamatkmenyelamatkan hidup masyarakat di sini,” tutur Khaled, dokter di Madaya, sebagaimana dikutip ABC News.***

Editor:sanbas
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/