Disumpah Dihadapan Presiden, Pimpinan KPK Siap Hadapi Segala Resiko

Disumpah Dihadapan Presiden, Pimpinan KPK Siap Hadapi Segala Resiko
Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Ketua KPK Agus Raharjo
Senin, 21 Desember 2015 20:14 WIB

JAKARTA - Lima orang pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa bakti 2015-2019 mengucapkan sumpah dan janji dihadapan Presiden sekaligus Kepala Negara Joko Widodo di Istana Negara, Senin siang (21/12/2015). Kelima pimpinan KPK itu, yaitu Agus Rahardjo, Saut Situmorang, Laode Muhamad Syarif, Alexander Marwata, dan Basaria Panjaitan.

Pengambilan sumpah jabatan ini dilakukan usai pembacaan Keputusan Presiden No.133/P Tahun 2015 tentang Pengangkatan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi masa jabatan Tahun 2015-2019.

Kelima pimpinan KPK itu sebelumnya telah dipilih oleh Komisi III DPR-Ri pada Kamis (17/12), dan selanjutnya ditetapkan dalam Rapat Paripurana DPR-RI, Jumat (18/12) lalu.

Siap Dengan Resiko

Ketua KPK terpilih Agus Raharjo menegaskan bahwa dirinya sudah siap dengan segala resiko menjadi Ketua KPK, mengingat dua ketua sebelumnya telah dikriminalisasi.

“Itu sudah resiko dari jabatan kan, jadi mestinya nggak perlu ketakutan,” kata Agus.

Pimpinan KPK yang baru ini, lanjut Agus, masih membutuhkan waktu 1-2 minggu untuk melakukan penyesuaian data-data dan mempelajari fakta-fakta sejumlah kasus besar yang masih belum selesai.

Usai pengambilan sumpah, para pimpinan KPK bergegas meninggalkan Istana Negara untuk memenuhi panggilan Presiden Jokowi, dan berjanji akan melakukan keterangan pers di kantor KPK.

Hadir dalam pelantikan pimpinan KPK ini sejumlah menteri Kabinet Kerja, Kapolri, Jaksa Agung, Panglima TNI, pimpinan KPK terdahulu, termasuk Ketua Pansel KPK Destry Damayanti. (***)

Editor:Marjeni Rokcalva
Sumber:Seskab.go.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/