Pesawat TNI AU Jatuh Saat Akrobatik, 2 Pilot Berpangkat Letkol dan Kapten Tewas

Pesawat TNI AU Jatuh Saat Akrobatik, 2 Pilot Berpangkat Letkol dan Kapten Tewas
(kompas.com)
Minggu, 20 Desember 2015 11:43 WIB
YOGYAKARTA - Pesawat milik TNI AU jenis T50i jatuh saat sedang melakukan akrobatik pada Atraksi Gebyar Dirgantara AAU. Pesawat tersebut jatuh di dalam perkampungan, dekat Landasan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, sekitar pukul 09.40 pagi ini.

“Iya benar, dua pilot kami tewas,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Dwi Badarmanto, saat dihubungi, Minggu, 20 Desember 2015.

Berdasarkan keterangan Badarmanto, kedua pilot yang tewas adalah Letkol Pnb Marda Sarjono dan Kapten Pnb Dwi Cahyadi. “Penyebabnya belum diketahui, kronologis jatuhnya bagaimana juga masih kami selidiki,” ujarnya.

Selama dua hari ini, 19-20 Desember, Atraksi Gebyar Dirgantara AAU sedang berlangsung di Landasan Udara Adisutjipto.

Acara tersebut menghadirkan 57 pesawat tempur, di antaranya jenis T50i, F16, dan Sukhoi. Selain itu, turut dalam atraksi pesawat Dinamic Pegasus dan Jupiter Aerobatic Team. Acara dibuka kemarin, oleh Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X, yang ditandai dengan atraksi pesawat Su-30, T50 dan The Jupiter.

Saksi mata di tepat yang melihat kejadian mengatakan, pesawat menukik jatuh setelah melakukan manuver loop (melingkar ke atas).

"Kita semua lagi foto-foto, habis slow speed pass, dia melakukan manuver loop, tapi habis itu nukik terus ga naik-naik," kata pengunjung Gebyar Dirgantara, Wirayuda saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/12/2015).

Yuda mengaku melihat peristiwa tersebut dari depan hangar Skadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto Yogyakarta, sekitar pukul 11.00 WIB.

Setelah jatuhnya jet tempur buatan Korean Aerospace Industries (KAI) itu, Yuda mengatakan atmosfer pameran dirgantara pertama yang digelar di Yogyakarta itu langusng berubah.

"Pengunjung jadi lesu pada duduk-duduk, namun panitia mengumumkan acara tetap jalan," kata Yuda.***

Editor:sanbas
Sumber:tempo.co dan kompas.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/