Mengerikan, Pesawat Airbus Berhenti Mendadak Saat Take Off pada Kecepatan 160 Kilometer Per Jam

Mengerikan, Pesawat Airbus Berhenti Mendadak Saat Take Off pada Kecepatan 160 Kilometer Per Jam
(dream)
Rabu, 16 Desember 2015 00:30 WIB
NEW YORK - Kamis pekan kemarin seharusnya menjadi hari bersejarah bagi Qatar Airways yang melakukan penerbangan perdana dengan pesawat Airbus A350-900 XWB.

Alih-alih berjalan sukses, penerbangan dari Bandara Internasional John F Kennedy, New York, Amerika Serikat (AS) menuju ke Doha, Qatar justru menjadi pengalaman mengerikan bagi 36 penumpang. Pesawat mengalami kegagalan saat akan tinggal landas.

Pengalaman terbang tak terlupakan bagi sebagian wartawan yang diundang untuk merasakan kecanggihan burung besi itu buyar ketika pesawat tiba-tiba berhenti. Padahal pesawat sudah berada di landasan pacu dan berakselerasi.

Pesawat yang tiba-tiba berhenti itu mengeluarkan suara lengkingan yang cukup membuat telinga pekak. Para penumpang sedikit terguncang dan bingung. Sebagian bahkan ingin turun dari pesawat. Mereka penasaran dan mencoba mencari tahu apakah pesawat berhenti karena keadaan darurat.

Insiden tersebut sempat direkam oleh wartawan penerbangan Zach Honig yang duduk di kursi kelas satu debut penerbangan dengan nomor QR7452 itu.

Dalam entri blognya, Honig, kepala editor di The Poin Guy, menggambarkan kejadian itu sebagai pengalaman 'menakutkan' dan 'penerbangan yang paling berkesan dalam hidup saya'.

"Sekitar 18 detik setelah kami mulai melaju di landasan pacu 22R di JFK, pesawat tiba-tiba berhenti dengan sendirinya. Padahal saat itu pesawat sudah berakselerasi hingga 160 kilometer per jam sehingga mengeluarkan suara melengking yang baru berhenti sekitar 15 detik kemudian," tulis Honig di blognya.

"Bagi sebuah pesawat dengan ukuran dan berat seperti ini, berhenti dengan cepat memerlukan banyak tenaga. Untuk memberikan gambaran bagaimana tiba-tiba kami berhenti ... hampir semua dari 200 lebih bantal dan selimut mendarat di lantai, yang sebelumnya tersusun rapi di setiap kursi kelas ekonomi."

Honig diberitahu kepala operasi maskapai bahwa sistem komputer di A350-900 bertanggung jawab atas lepas landas yang dibatalkan tiba-tiba itu.

"Sistem komputer A350 memutuskan landasan pacu sepanjang 11,000 feet di landasan pacu 22R di JFK 'terlalu pendek' sehingga komputer memutuskan mengerem pesawat secara mendadak," kata Honig.

Beruntung tidak ada korban luka. Namun, beberapa penumpang termasuk Honig sendiri cukup terguncang dengan kejadian ini. Honig menambahkan seluruh wartawan diminta mematikan kamera dan dirinya dilarang menulis tweet untuk 9,600 followernya di Twitter.

Dua jam kemudian pesawat lepas landas dengan sukses di landasan pacu lain dan terbang 12 jam dalam perjalanan ke ibukota Qatar tanpa insiden.

Video lepas landas gagal yang direkam Honig telah diunggah ke YouTube dan telah dilihat sebanyak lebih dari 100.000 kali.

Seorang juru bicara Qatar Airways menolak untuk berkomentar atas kejadian tersebut.***

Editor:sanbas
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/