Kepribadian Seseorang Bisa Diungkap dari 11 Hal Ini

Kepribadian Seseorang Bisa Diungkap dari 11 Hal Ini
Ilustrasi. (lp6c)
Rabu, 16 Desember 2015 10:33 WIB
JAKARTA - Kepribadian tiap orang berbeda-beda. Bahkan dalam satu keluarga saja kepribadian belum tentu sama. Anda sebenarnya bisa menilai kepribadian seseorang hanya dengan melihat hal-hal kecil yang mungkin sepele.

Saat berkencan atau saat wawancara kerja, Anda bisa melihat atau menebak kepribadian lawan bicara Anda.

Seperti dilansir BusinessInsider, Rabu (16/12/2015), hal-hal kecil bisa menceritakan banyak hal tentang psikologi dan kepribadian seseorang. Dalam penelitian ilmiah, beberapa perilaku umum digunakan untuk menilai kepribadian orang:

1. Jabat tangan

Banyak orang yang menilai seseorang berdasarkan jabat tangan.

"Jabat tangan yang kuat biasanya mencerminkan karakter yang kuat dan percaya diri. Adapun jabat tangan yang lemah biasanya menunjukkan kurangnya kepercayaan diri dan hampir selalu merupakan karakteristik orang-orang yang mencari cara mudah dalam melakukan pekerjaan," tulis Julian Parge.

2. Apakah datang tepat waktu

Anda pernah terlambat ketika janji dengan orang? Membuat orang lain menunggu bisa menciptakan kesan negatif dari kepribadian Anda.

"Seseorang yang proaktif akan berada di sana pada waktunya, karena ia memotivasi diri, mental terorganisasi, dan menghargai waktu. Orang yang suka menunda-nunda akan terburu-buru dan datang terlambat," kata Humaira Siddiqui.

Menurut ilmu pengetahuan, mereka yang terlambat kronis belum tentu orang yang tidak pengertian. Bisa saja mereka orang yang lebih santai.

3. Perlakukan staf restoran

Beberapa orang mengatakan mereka memperhatikan bagaimana orang lain berinteraksi dengan pelayan. "Saya tidak akan pernah berkencan dengan pria yang kasar kepada staf restoran," kata Sati Marie Frost.

Bahkan seorang eksekutif mengatakan Anda dapat belajar banyak tentang seseorang berdasarkan cara dia memperlakukan pelayan, pelayan hotel, dan penjaga keamanan. Ron Shaich, CEO dari Panera Bread, mengatakan ia pernah menolak mempekerjakan seseorang karena dia baik padanya, tapi kasar kepada seseorang yang membersihkan meja di dekatnya.

4. Cara minum dari cangkir

Seseorang yang melihat ke dalam cangkir ketika minum cenderung lebih introspektif, sadar diri, idealis, dan terfokus. Seseorang yang melihat ke bibir cangkir ketika minum cenderung lebih dipengaruhi oleh orang lain, lebih sadar lingkungan, riang, ekstrovert, dan percaya.

5. Menggigit kuku

Penelitian menunjukkan mereka yang menggigit kuku atau menarik rambut mereka atau memegang kulit mereka cenderung perfeksionis, tidak dapat bersantai.

6. Tulisan tangan

Tulisan tangan Anda bisa mengatakan banyak tentang Anda. Orang-orang yang menempatkan banyak tekanan pada pena dan kertas untuk menulis sesuatu biasanya keras kepala dalam sikap. Mereka memiliki banyak keyakinan.

Grafologis profesional Kathi McKnight mengatakan huruf besar menunjukkan Anda orang yang berorientasi, sedangkan huruf kecil menunjukkan Anda introvert. Huruf yang miring ke kanan dapat berarti Anda ramah dan sentimental, mereka yang tidak miring sama sekali mungkin Anda pragmatis, dan tulisan yang miring ke kiri menunjukkan Anda introspektif.

7. Seberapa sering melihat telepon

Seorang pengguna anonim situs tanya jawab Quora menulis tentang orang memeriksa ponsel ketika menunggu, berbicara dengan orang tua mereka, berada di luar dengan teman-teman, atau ketika mereka sedang sendirian di depan umum.

Apabila Anda terus-menerus mengecek email atau feed Facebook, menunjukkan Anda mungkin kurang stabil secara emosional dan mencoba meningkatkan suasana hati Anda.

8. Kontak mata

Jabat tangan yang lemas dan kurang stabilnya kontak mata menunjukkan kurangnya pengendalian diri, memerlukan dorongan untuk menindaklanjuti, dan kemauan yang lemah.

Psikolog Adrian Furnham, PhD, menulis dalam Psychology Today menungkap, orang ekstrovert cenderung lebih sering dan lebih lama melihat saat berbicara daripada introvert. Secara umum, orang-orang yang melihat pasangan mereka lebih sering lebih percaya diri dan dominan secara sosial.

9. Musik kesukaan

Mengutip sebuah studi 2003, pengguna Quora Humaira Siddiqui mengatakan bahwa dia menilai orang berdasarkan jenis musik yang mereka dengarkan.

Studi ini menemukan orang yang mendengarkan musik 'reflektif dan kompleks' cenderung terbuka dengan pengalaman baru dan politik liberal. Mereka yang mendengarkan upbeat dan konvensional lebih mungkin menjadi ekstrovert dan atletis.

10. Warna favorit

Shivani Jha memiliki teori warna pilihan Anda mengungkapkan kepribadian Anda. Misalnya saja apabila warna favorit Anda kuning, Anda orang yang logis dan bernilai individualitas.

Psikolog industri Bernardo Tirado mengelompokkannya sedikit berbeda. Menurut Tirado di Psychology Today, pencinta merah ulet dan bertekad, sementara pencinta kuning senang belajar dan menemukan kebahagiaan dengan mudah.

11. Anjing atau kucing

Orang bisa menilai Anda berdasarkan hewan peliharaan Anda. Sebuah studi menemukan orang yang lebih memilih anjing umumnya lebih energik dan ramah, sementara mereka yang lebih memilih kucing cenderung lebih tertutup dan sensitif. Penelitian yang sama juga menemukan orang yang memelihara kucing cenderung lebih cerdas.***

Editor:sanbas
Sumber:liputan6.com
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/