Aksesoris Mobil Berbau Narkoba, Puluhan Angkot di Padang Kena Razia Narkoba

Aksesoris Mobil Berbau Narkoba, Puluhan Angkot di Padang Kena Razia Narkoba
Selasa, 08 Desember 2015 10:01 WIB
PADANG - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Barat (Sumbar) mencopoti variasi ataupun pernak-pernik di angkutan kota (angkot) di Kota Padang yang berbau narkoba.

"Kami melakukan razia gabungan dan untuk pertama kali kami melakukan pencopotan variasi angkot yang berbau narkotika," kata Kepala BNNP Sumbar Mohammad Ali Azhar di Padang, Selasa (8/12).

Ia mengatakan pada Senin (7/12) telah melakukan razia di beberapa tempat mangkal angkot dan menemukan variasi berbau narkoba berupa stiker yang konten gambarnya tentang marijuana (ganja). Selain itu juga ada tulisan-tulisan yang bermuatan narkoba. Salah satu contoh gambar adalah tokoh kartun yang sedang memegang sebuah linting dengan mata memerah.

"Selain stiker dan tulisan itu, kami juga mengambil sejumlah bekas botol minuman keras yang dijadikan pajangan di dalam angkot," katanya.

Ia mengatakan, pencopotan itu dilakukan karena dikhawatirkan menimbulkan pengaruh buruk bagi para remaja dengan tahap awalnya memancing rasa ingin tahu terhadap variasi itu. Pencopotan tersebut, katanya, diharapkan dapat sebagai salah satu upaya kecil mencegah peredaran narkoba.

Ia mengatakan, peran masyarakat juga diperlukan dalam memerangi narkoba dengan cara melapor ketika melihat variasi angkot yang berbau narkoba itu.

Sebelumnya, razia gabungan itu dilakukan di dua titik terminal Kota Padang. Pertama adalah Terminal Lubuk Buaya, dan kedua Terminal Koto Lalang. Razia gabungan tersebut melibatkan BNNP Sumbar, Dinas Kesehatan Kota Padang, Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Padang, dan Kepolisian Sektor Koto Tangah.

Selain melakukan pencopotan variasi, tim gabungan juga melakukan tes urine pada 65 sopir untuk mengetahui apakah sopir bersangkutan menggunakan narkoba. Dari hasil pemeriksaan, akhirnya diamankan sembilan sopir yang positif mengkonsumsi narkoba untuk dilakukan rehabilitasi. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:republika.co.id
Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/