Sagu Meranti Disertifikasi 2013

Rabu, 03 Oktober 2012 23:49 WIB
Penulis: Wawan
SELATPANJANG, GORIAU.COM - Penetapan tanaman sagu menjadi cluster atau unggulan nasional tinggal selangkah lagi.


Setelah dilakukan beberapa kali penelitian terhadap tanaman sagu, mulai dari jenis tanaman, kualitas batang, hingga kondisi tanahnya, pada tahun 2013 mendatang, sagu asal Meranti siap disertivikasi dan varietasnya dilepas.


Peneliti senior Badan Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) Prof DR Ir Hengky Novarianto MS, saat ditemui usai melakukan penelitian selama tiga hari terhadap potensi sagu yang ada di wilayah Kepulauan Meranti, sebagaimana dikutip goriau.com dari riaupos.co, Senin malam (1/10) membenarkan hal itu.


Ia menjelaskan, jenis sagu di Meranti terbagi tiga, di antaranya, sagu duri, sagu bemban dan sagu sangka.


''Dari ketiga jenis sagu itu, yang paling dominan di Meranti adalah jenis sagu duri. Penelitian yang kita lakukan ini dalam rangka mempersiapkan bahan tanamannya. Jadi nantinya sebelum diedarkan harus dilepas dan disertifikasi terlebih dahulu,'' ungkap Hengky yang baru saja melihat kondisi da jenis sagu di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur yang menjadi pusat tanaman sagu di Meranti di Selatpanjang.


Diperkirakannya, tanaman sagu asli Indonesia yang berada di Meranti tersebut sekitar Juli 2013 sudah bisa dilepas varietasnya.


Sehingga nantinya bisa dikembangkan dan dibuat kawasan untuk khusus penganakan atau memproduksi bibit unggul.


Sehingga, nantinya hasil produksi tanaman sagu yang ada di wilayah Kepulauan Meranti bisa dikembangkan lebih baik lagi.


''Kualitas sagu yang ada di Meranti menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia, bahkan mengalahkan jenis sagu lainnya yang ada di Papua. Dari hasil sampel yang kita ambil, sagu yang ada di Meranti setiap batangnya mampu menghasilkan tepung sagu kering sebanyak 250 kilogram. dan kandungan karbohidratnya mencapai 86 persen. Persentase karbohidrat sagu di Meranti lebih tinggi dari tanaman umbi,''  terangnya.***

Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/