Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
Olahraga
19 jam yang lalu
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
2
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
Olahraga
19 jam yang lalu
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
3
Dapak Izin SC Heerenveen, Nathan Siap Bela Timnas U 23 Indonesia
Olahraga
2 jam yang lalu
Dapak Izin SC Heerenveen, Nathan Siap Bela Timnas U 23 Indonesia
4
Soal Berbagi Sembako, Inul Daratista Balas Kritikan Netizen
Umum
48 menit yang lalu
Soal Berbagi Sembako, Inul Daratista Balas Kritikan Netizen
5
Mila Kunis dan Ashton Kutcher Tolak Perankan Kembali Film "That '90s Show" Season 2
Umum
1 jam yang lalu
Mila Kunis dan Ashton Kutcher Tolak Perankan Kembali Film That 90s Show Season 2
6
Perjuangan Melawan Penyakit SPS, Celine Dion Berharap Mukjizat
Umum
56 menit yang lalu
Perjuangan Melawan Penyakit SPS, Celine Dion Berharap Mukjizat
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/

Bupati Resmikan Operasional AKNP

Rabu, 03 Oktober 2012 23:42 WIB
Penulis: Wawan
PNGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Berdirinya Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP) adalah sebuah solusi untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan mumpuni, dalam mengolah potensi-potensi yang ada di daerah.


Demikian disampaikan Bupati Pelalawan HM Harris saat memberikan sambutan dalam launching Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP) di Kampus AKNP Pangkalankerinci, Sabtu (29/9). Menurutnya, dalam era saat ini anak-anak daerah harus mampu menentukan persaingan, bukan hanya persaingan daerah saja tapi juga persaingan secara global.


??????Itu artinya, output yang harus dihasilkan dari AKNP ini adalah bagaimana mencetak SDM yang siap bersaing untuk kemajuan daerah ini khususnya bagi Kabupaten Pelalawan,?????? ujarnya sebagaimana dikutip goriau.com dari riaupos.co.


Harris mengatakan bahwa memang untuk saat ini AKNP baru hanya memiliki tiga jurusan saja, tapi bukan tak mungkin ke depannya akademi ini membuka jurusan-jurusan yang sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan yang ada di daerah ini.


??????Salah satu keperluan tenaga kerja lokal untuk bidang perkebunan dan pertambangan,?????? ujarnya.


Apalagi saat ini, Pemkab Pelalawan tengah fokus membangun tiga program pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di antaranya pembangunan kawasan teknopolitan, pembangunan wisata Bono dan Kawasan Investasi Khusus (KIK) yang kesemuanya itu menelan dana Rp67 triliun.


??????Karena itulah, saya harapkan elemen masyarakat di daerah ini dapat membantu program-program yang tengah digarap Pemkab ini,?????? ujarnya.


Di samping itu, keberadaan AKNP ini merupakan bagian dari program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang ditaja pemerintah pusat. Artinya, dalam program MP3EI koridor Sumatra yang dipusatkan di daerah ini, dimana akan kawasan teknopolitan seperti pembangunan Industri Hilir Kebun Sawit, pembangunan Perguruan Tinggi Teknologi dan pembangunan kawasan riset di daerah ini, perlu tersedianya SDM yang berkualitas.


??????Akselerasi pembangunan melalui MP3EI jelas harus mempertimbangkan kualitas SDM agar jangan sampai terjadi disparitas yang mencolok. Dengan adanya kualitas SDM yang mumpuni, maka masyarakat daerah ini tidak hanya menjadi penonton saja di tengah akselerasi pembangunan di daerahnya sendiri. Dan untuk tujuan seperti itulah, AKNP ini dibangun,?????? bebernya.


Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Drs HM Wardan yang hadir di acara tersebut. Menurutnya, dengan pendirian AKNP ini maka diharapkan kurikulum di akademi tersebut harus diintegrasikan dan dikemas dengan basic ekonomi kreatif dan kewirausahaan.


??????Dengan begitu, mahasiswa dan mahasiswi yang dihasilkan dari AKNP ini selain akan mampu bersaing juga dapat berpikir kreatif sendiri dalam menciptakan peluang-peluang kerja yang sesuai dengan jurusannya,?????? ungkapnya.


Untuk AKNP yang baru berdiri ini, dirinya mengharapkan agar jajaran manajemen AKNP dapat terus melakukan koordinasi dan mensinkronisasikan program. Sehingga dengan begitu, selain kebutuhan AKNP ini bisa dilakukan melalui sharring budget maka persoalan-persoalan yang timbul ke depannya pun akan bisa diatasi secara bersama-sama.


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan MD Rizal sendiri dalam sambutannya tak mampu menyembunyikan rasa bangganya atas diresmikannya AKNP ini oleh orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan. Pasalnya, keberadaan AKNP yang mengakomodir siswa-siswi lulusan SMU/MA dan SMK ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan perusahaan akan SDM-SDM yang memiliki skill.


??????Apalagi perusahaan-perusahaan yang telah bekerja sama dengan AKNP juga sudah siap menampung mahasiswa lulusan dari akademi itu. Dan mahasiswa yang lulus dari akademi itu juga harus siap ditempatkan dimana saja, di daerah operasional perusahaan yang bekerjasama dengan AKNP itu. Misalnya, perusahaan yang MoU dengan AKNP memiliki daerah operasional juga di Jambi dan si mahasiswa dipekerjakan di sana, maka mereka harus siap bertugas di sana. Artinya, mahasiswa yang masuk AKNP harus siap fisik dan mentalnya karena itu penyeleksiannya ketat,?????? terangnya.


Disinggung soal bentuk dukungan Pemkab Pelalawan sendiri pada AKNP, MD Rizal menjelaskan bahwa dukungan Pemkab melalui Disdik Pelalawan di antaranya dengan penyediaan sarana dan prasarana serta infrastruktur AKNP. Tak hanya itu, Pemkab juga akan menyediakan tanah untuk pembangunan berdirinya AKNP ini secara permanen.


??????Selain itu, mulai tahun 2013 mendatang, dari dana sharing anatar Pemkab dengan pusat, dana untuk AKNP akan digelontorkan sebesar Rp10 miliar,?????? katanya.


Direktur AKNP M Syafi???i MSi menjelaskan, untuk tahun pertama ini jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 103 orang. Dari jumlah tersebut, yang diterima di AKNP hanya 75 mahasiswa saja yang akan terbagi dalam tiga lokal kelas dengan tiga jurusan. Di antaranya jurusan Agro Tehnologi, Elektro Industri dan Tehnik Informatika. ***

Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/