Pemkab Pasaman Barat Rampungkan 10 Pembangunan Rumah Gadang

Pemkab Pasaman Barat Rampungkan 10 Pembangunan Rumah Gadang
Senin, 01 Oktober 2012 02:31 WIB
Penulis: Wiwik
SIMPANG AMPEK, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mulai merampungkan pembangunan 10 rumah gadang (rumah kebesaran minang) di daerah itu.


''Pada tahun 2012 kami menyediakan Rp4 miliar untuk pembangunan rumah gadang. Mudah-mudahan tahun 2013 akan diikuti oleh pembangunan rumah gadang di kecamatan lainnya,'' kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pasaman Barat, Reflin di Simpang Ampek, sebagaimana dikutip goriau.com dari antaranews.com, Minggu (30/9/2012).


Dia mengatakan, pembangunan rumah gadang merupakan sebagai suatu langkah pemerintah dalam upaya melestarikan simbol orang Minang. Rumah gadang nanti digunakan untuk tempat berkumpul dan bermusyawarah antara mamak dan kemenakan yang ada di nagari tersebut.


Dia menjelaskan, rumah gadang itu dibangun di Kecamatan Talamau dua unit, satu di Kecamatan Luhak Nanduo, satu di Kecamatan Kinali, dua di Kecamatan Pasaman, satu unit di Kecamatan Sungai Beremas, satu di Kecamatan Koto Balingka, dan satu unit di Kecamatan Koto Balingka.


Menurutnya, pembangunan rumah gadang itu merupakan tindak lanjut dari keinginan Bupati Pasaman Barat untuk melestarikan simbol kebesaran orang Minang.


''Kita lihat saat ini rumah gadang sudah mulai hilang. Padahal, merupakan rumah bersama yang bisa dijadikan tempat berkumpul masyarakat nagari dan bermusyawarah serta akan bisa melestarikan adat,'' ujar katanya.


Melihat begitu pentingnya keberadaan rumah gadang, maka Pemerintah Kabupaten Pasaman mengalokasikan anggaran Rp4 miliar untuk pembangunan 10 unit rumah gadang.


''Saat ini pembangunan 10 unit rumah gadang itu sudah mulai dikerjakan dan sebagian sudah ada yang mulai rampung,'' katanya.


Dia berharap, kepada semua rekanan dapat menyelesaikan pembangunan rumah gadang sesuai dengan waktu yang diberikan. Selain itu, juga harus sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh konsultan.


''Kami menginginkan semua rumah gadang pembangunannya sesuai dengan bestek. Jika ditemukan permasalahan maka pihak rekanan akan kami panggil,'' katanya. ***

Kategori:Ragam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/